Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya Bawang Daun di Pot (Polibag)

Cara Budidaya Daun Bawang Dalam Polibag- Bawang daun merupakan salah satu komoditi pertanian yang sangat menjanjikan dari segi prospek bisnis. Dalam setiap kilogramnya, bisa mencapai harga rp 25.000 hingga rp 45.000 (di pulau kalimantan). Sungguh sangat menggiurkan bukan? Walaupun mahal, tidak sedikit warga masyarakat yang rela membeli karena kebutuhan dapur. Selain itu, para pengusaha dan pedagang makanan juga membutuhkan bawang daun untuk ketersediaan bahan masakan seperti bakso, mie pangsit, martabak telur, soto, dan masih banyak lagi.

cara budidaya daun bawang dalam polibag

Bawang daun umumnya dibudidayakan di dataran tinggi yang berhawa sejuk antara 18-25 derajat celcius. Bawang daun juga membutuhkan sinar matahari yang cukup agar bisa tumbuh maksimal. Sayangnya, terkadang lahan pertanian terbatas. Nah, sekarang ada cara yang lebih praktis, yaitu Cara budidaya bawang daun di pot (polibag).

Baca: Cara Mudah Menanam Bawang Daun Di Dataran Tinggi

Inilah Cara budidaya bawang daun di pot (polibag) yang sederhana dan mudah diaplikasikan:

1. Cara budidaya bawang daun di pot (polibag) dari biji bawang daun

  • Siapkan media berupa tanah, pupuk kompos, dan arang sekam.
  • Gunakan wadah bekas seperti ember atau pot yang tidak terpakai, polybag sebagai media semai. Basahi media ini, kemudian tanam biji bawang daun dengan teratur dan rapi agar nanti jika sudah siap dipindah memudahkan anda.
  • Bisa juga memakai polybag kecil kemudian diisi dengan tanah lalu basahi. Tanam biji bawang daun, setiap polybag masing-masing berisi satu biji.
  • Tutupi media tersebut dengan kardus atau plastik hitam dan beri naungan agar tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
  • Sirami dengan teratur, jika sudah muncul tunas muda, buka penutup tersebut untuk memperkenalkan tunas dengan sinar matahari
  • Beri pupuk secukupnya
  • Di usia 2 bulan, tunas bawang daun bisa dipindahkan ke lahan.

2. Cara Budidaya Bawang daun di pot (Polibag) dari bibit anakan

  • Pilih jenis anakan yang berkualitas dan tidak berpenyakit.
  • Anakan bawang daun dipisahkan secara perlahan dan hati-hati agar tidak merusak akarnya.
  • Apabila tidak ada anakan, gunakan rumpun yang berada pada bagian daun teratas. Kemudian tanam pada polybag atau pot.

3. Cara budidaya bawang daun  di pot (polibag)

Pertama siapkan bibit dan media tanam. Kemudian, ambil bibit bawang daun secara perlahan agar tidak merusak akar-akarnya. Sebisa mungkin hindari mencabut bibit atau tunas muda dari polybag secara kasar. Lakukan dengan hati-hati atau dicongkel sekaligus beserta sedikit tanah yang ada di bawah akar. Jika masih ada di dalam polybag, buka polybag dengan hati-hati.

Beralih ke lahan, buat lubang tanam dengan jarak yang rapi, kemudian taruh bibit dan padatkan dengan tanah agar bibit bisa berdiri dengan kokoh. Usahakan untuk menanam bawang daun pada sore hari karena kelembapan udara maupun tanah tidak terlalu tinggi.

Baca Juga:

Semoga informasi yang kami sampaikan tentang Cara budidaya bawang daun di pot (polibag) tersebut bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme