Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Membuat Pakan Ternak Sapi Dari Limbah Agroindustri

Cara Membuat Pakan Ternak Sapi Dari Limbah Agroindustri – Beternak sapi merupakan bisnis yang tidak main-main. Salah perhitungan sedikit saja, maka nyawa hewan ternak yang jadi taruhannya. Termasuk untuk urusan pakan ternak sapi. Para peternak sapi rela menggelontorkan jutaan rupiah demi membuat hewan ternak sapi bisa gemuk dan sehat sehingga memiliki daya jual yang tinggi di pasar hewan.

Pakan dari limbah agroinustri pertanian

Pakan ternak sapi sendiri sudah tersedia di pasaran dalam bentuk instan yang praktis dan siap saji. Namun, tentu saja, kendala yang ada adalah biaya perawatan yang relatif tinggi terkadang tidak sebanding dengan biaya modal. Untuk itu, para peternak sapi memiliki opsi yang efektif dan murah untuk membuat pakan ternak sapi. Yaitu dari bahan limbah agro industri.

Baca: Tips dan Cara Merawat Anakan Sirpu Tepat dan Benar

Apa saja limbah agro industri? Limbah atau sisa pembuangan pabrik industri agro bisa dimanfaatkan para peternak sapi sebagai pakan ternak. Di antaranya seperti sisa gilingan padi, sisa tempe, sisa ampas tahu, sisa limbah minyak kelapa, sisa tepung tapioca (onggok), sisa ari biji kedelai, dan sebagainya.

Nah, kali ini kita akan membuat pakan ternak sapi dari limbah agro industri tepung tapioca (onggok). Untuk meningkatkan penyerapan kadar nutrisi seperti mineral fosfor, protein, penyerapan unsur kalsium, zat besi dan Zinc, maka dibutuhkan proses fermentasi dengan Aspergillus Niger.

Cara Membuat Pakan Ternak Sapi Dari Limbah Agroindustri  Dengan Proses Fermentasi Memakai Aspergillus Niger :

Persiapan bahan-bahan beserta alat:

  • Ember/wadah besar
  • Air hangat sebanyak 8 ltr
  • Pupuk Urea 1 kg
  • Limbah tepung tapioka 15 kg
  • Jagung sebanyak 40 kg
  • Aspergillus niger sebanyak 100 gram

Proses cara pembuatan pakan ternak sapi dari limbah onggok (tepung tapioka):

  1. Pertama semua bahan yang sudah disiapkan dimasukkan ke dalam wadah besar dan diaduk perlahan hingga semua tercampur merata.
  2. Apabila dirasa sudah tercampur semua bahan, pindahkan ke dalam ember
  3. Tambahkan sedikit demi sedikit air hangat sebanyak 8 liter sambil terus diaduk hingga tercampur rata. Sisihkan selama beberapa menit hingga bahan tercampur dan suhunya mulai dingin.
  4. Jika sudah dingin, sekarang saatnya menambahkan 100 gram Aspergillus niger
  5. Terus aduk hingga tercampur rata lalu tambahkan 1 kilogram pupuk urea
  6. Siapkan penyimpanan di tempat yang sejuk dan kering kira-kira selama 2-3 hari hingga pakan ternak telah terfermentasi
  7. Pakan ternak yang sudah terfermentasi sudah siap disajikan sebagai pakan sapi. Baik dengan cara dicampur dengan pakan lain atau langsung disajikan.

Baca Juga: 

Manfaat menggunakan proses fermentasi Aspergillus Niger adalah membantu meningkatkan kadar penyerapan nutrisi seperti serat, mineral, protein hingga lebih dari 15%. Semoga info mengenai Cara Membuat Pakan Ternak Sapi Dari Limbah Agroindustri yang kami sampaikan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme