Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Mengendalikan dan Mengatasi Penyakit Layu Fusarium Tanaman Pisang

Cara mengendalikan dan mengatasi penyakit layu fusarium pada tanaman pisang – Sebagai salah satu buah favorit kebanyakan orang di indonesia, budidaya pisang masih menjadi primadona para petani buah. Membudidayakan pisang bukan tanpa rintangan, hama penyakit tanaman pisang selalu menghantui dan mengancam keberhasilan panen pisang para petani.

Cara Mengatasi Penyakit Layu Fusarium Tanaman Pisang

Salah satu penyakit yang meresahkan para petani pisang adalah layu fusarium. Penakit ini diakibatkan oleh jamur fusarium oxysphorum. Sekali saja tanaman pisang terkena layu fusarium, maka akan segera mati secara total dan hanya menyisakan kerugian biaya produksi.

Baca:  Tips dan Cara Merawat Anakan Sirpu Tepat dan Benar

Yuk, ikuti cara mengendalikan dan mengatasi penyakit layu fusarium pada tanaman pisang:

  1. Pilih jenis bibit pisang yang unggul dan tahan terhadap hama layu fusarium
  2. Segera musnahkan bibit pisang yang terkontaminasi penyakit layu fusarium di dalam lahan
  3. Lakukan pergiliran tanaman misalnya menanam pisang diselingi dengan jenis tanaman lain, sehingga dalam lahan tidak ditanami pisang terus-menerus
  4. Basmi semua gulma atau rumput liar seperti rumput-rumput, tanaman bayam-bayaman, dan lain-lain
  5. Amati lahan pisang, jika ada gejala-gejala layu fusarium sebaiknya jangan ditanami pisang terlebih dahulu hingga benar-benar steril dari hama. Untuk menganalisa bisa menggunakan cara, ambil sampel tanah dari lahan, masukkan dalam ember plastik, campurkan dengan pupuk kandang. Biarkan 15 hari, lalu tanami dengan anakan rebung pisang ambon kuning yang tidak tahan terhadap layu fusarium. Anakan pisang ini akan memperlihatkan gejala penyakit layu fusarium.
  6. Pilih jenis varietas pisang yang tahan terhadap layu fusarium seperti pisang muli, pisang tanduk, pisang raja, pisan ketan dan lain-lain.
  7. Jangan membawa tanaman pisang yang terkontaminasi penyakit ke lahan kebun pisang yang bebas penyakit
  8. Lakukan pembasmian sumber bibit penyakit dengan membakar tanaman tersebut atau membongkar tanaman tersebut. Cara lain adalah melakukan penyuntikan dengan cara:
  • Tanaman induk disuntik herbisida 12 cc
  • Anakan umur 4-6 bulan (setinggi 50 – 100 cm) disuntik herbisida 2,5 cc
  • Anakan umur < 4 bulan (setinggi < 50 cm) disuntik 1 cc herbisida
  • Tanaman induk disuntik minyak tanah 5 sendok makan
  • Tanaman umur 4-6 bulan disuntik 3 sendok makan minyak tanah
  • Tanaman umur < 4 bulan disuntik 1-2 sendok makan minyak tanah
  • Tata cara penyuntikan dilakukan pada 20 hingga 40 cm di atas leher akar tanaman induk, sementara pada tanaman anakan di sekitar 10-15 cm di atas leher akar. Suntikan diterapkan dalam sudut kemiringan 60 derajat di bagian tengah tanaman pisang.
  1. Alat-alat perkebunan pisang yang akan digunakan juga harus steril dan bebas bakteri dengan merendam dalam desinfektan atau alkohol. Alat-alat pertanian yang digunakan untuk lahan berbeda-beda disarankan harus dibersihkan dengan air bersih mengalir atau dicuci dengan sabun.

Baca Juga:

Semoga info cara mengendalikan dan mengatasi penyakit layu fusarium pada tanaman pisang  bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme