Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Mudah Menanam Bawang Daun Di Dataran Tinggi

Cara Mudah Menanam Bawang Daun Di Dataran Tinggi – Siapa yang tidak kenal bawang daun? Sebagai bumbu masakan yang sangat populer, keberadaan bawang daun di setiap dapur rumah tangga sangat penting. Tidak hanya memenuhi permintaan masyarakat umum kalangan rumah tangga saja. Pabrik-pabrik makanan besar yang memproduksi makanan instan, camilan atau bumbu instan tentu juga sangat membutuhkan bawang daun sebagai bahan baku.

Cara mudah menanam bawang daun di dataran tinggi

Bawang daun sangat pas ditanam di atas ketinggian sekitar 300 hingga 1600 meter di atas permukaan laut. Kondisi hawa yang sejuk dan dingin dengan suhu rata-rata 18 derajat celcius sampai 25 derajat celcius juga membantu pertumbuhan bawang daun menjadi optimal.

Baca : Tips dan Cara Merawat Anakan Sirpu Tepat dan Benar

Lalu, bagaimana cara mudah menanam bawang daun di dataran tinggi? Berikut ini kita simak langkah-langkahnya:

Cara mudah menanam bawang daun di dataran tinggi dari segi pemilihan bibit

Sebaiknya bibit memakai anakan atau tunas yang sehat dan bagus hasil dari stek, karena jika menggunakan bibit dari biji maka akan membutuhkan masa tanam yang relatif lebih lama.

Cara mudah menanam bawang daun di dataran tinggi dari segi pengolahan tanah

  1. Pertama lahan dicangkul hingga kedalaman 30 cm
  2. Tutupi dengan pupuk kandang
  3. Buat bedengan berukuran lebar 1 meter dengan parit untuk aliran air berkedalamann 30 cm dan lebar 30 cm.
  4. Jarak tanam sekitar 20 cm x 25 cm. Bawang daun tidak terlalu menyukai genangan air, sehingga keberadaan parit sangat penting.

Cara mudah menanam bawang daun di dataran tinggi dari segi perawatan

  1. Bawang daun perlu dijaga pertumbuhannya dari gulma atau tanaman liar seperti rumput teki atau bayam-bayaman yang dapat mencuri nutrisi hara di dalam satu lahan.
  2. Selain penyiangan gulma, lakukan juga pemadatan tanah di sekitar pangkal batang agar mendapatkan warna putih di bagian sepertiga batang lebih dominan.
  3. Penyiraman dilakukan lebih intensif terlebih saat musim kemarau
  4. Pemupukan dengan pupuk kandang dilakukan 2 kali yaitu pada usia 21 hari dan 42 hari dengan dosis sekitar 10 hingga 15 ton per hektar area.

Cara mudah menanam bawang daun di dataran tinggi dari pembasmian hama dan penyakit

Bawang daun sering dilanda hama dan penyakit berupa ulat bawang daun dan penyakit batang layu. Pengendalian hama bisa dilakukan dengan cara penyemprotan memakai insektisida dengan dosis dan waktu yang tepat. Umumnya, penyakit yang melanda bawang daun disebabkan oleh penyakit erwinia carotovora yaitu pembusukan batang bawang daun sehingga menimbulkan bau tidak sedap dan batang menjadi lunak/layu.

Cara mudah menanam bawang daun di dataran tinggi dari segi cara panen

Untuk memanen tanaman bawang daun dilakukan ketika bawang daun mencapai usia 2 bulan setelah masa tanam. Setiap hektar dapat menghasilkan 7 sampai 15 ton. Cara memanen dicabut keseluruhan hingga bagian akar. Jika ada akar atau daun yang busuk segera dibuang.

Baca Juga:

Bawang daun tidak bisa disimpan terlalu lama sehingga setelah dipanen harus segera dipasarkan agar kualitas tetap terjaga hingga ke tangan konsumen. Semoga info cara mudah menanam bawang daun di dataran tinggi bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme