Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Kutu Daun (Aphis gossypii)

Klasifikasi dan Morfologi Kutu Daun (Aphis gossypii) Hama Kutu Daun atau dikenal Hama Aphid memiliki nama latin Aphis gossypii, dengan famili Aphididae adalah hama penghisap yang sangat membahayakan tanaman, hama ini juga sebagai vektor penularan berbagai macam virus. Hama ini menyerang pada musim kemarau, pada fase awal pertumbuhan tanaman.

Kutu daun menyerang tanaman dengan cara menghisap cairan, sehingga tanaman terserang akan terhambat pertumbuhannya. Daun yang terserang akan menjadi layu, berwarna kekuningan, dan bahkan akan berlubang serta daun berguguran.

Klasifikasi Kutu Daun (Aphis gossypii)

Kingdom: Animalia

Phylum: Arthropoda

Kelas: Insecta

Ordo: Hemiptera

Famili: Aphididae

Genus: Aphis

Spesies: Aphis gossypii

Morfologi Kutu Daun (Aphis gossypii)

Secara umumnya kutu daun memiliki ukuran antara 1-6 mm, bertubuh lunak, berbentuk seperti buah pear, pergerakan lambat dan biasanya hidup secara berkoloni (berkelompok). Kutu daun memiliki bentuk kepala dan antena –tubercle kelihatan agar rata, panjang antena agak pendek, bentuk ekor melebar, warna kulit tubuh berubah-ubah sesuai dengan cuaca yaitu, hitam, hijau, hitam, kekuning-kuningan dan hijau kekuning-kuningan, tempat tinggal pada daun paling bawah (hampir dekat dengan tanah). Perkembangbiakan optimal terjadi pada saat tanaman bertuna, satu generasi berlangsung selama 6-8 hari 250 C dan 3 minggu 150 C dengan jumlah larva yang dilahirkan rata-rata 7-14 ekor.

Reproduksi kutu daun terbagi dua cara yaitu, seksual dan aseksual. Pada suhu dingin biasanya proses reproduksi dilakukan secara aseksual dan pada suhu panas proses reproduksi dilakukan secara seksual.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Kutu Daun (Aphis gossypii).  Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme