Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Ulat Grayak (Spodoptera litura F)

Klasifikasi dan Morfologi Ulat Grayak (Spodoptera litura) – Ulat grayak memiliki nama latin Spodo litura, dengan ordo Lepidopter dan masih famili dengan Noctuidae. Ulat grayak adalah salah satu hama daun yang menyerang berbagai macam tanaman, seperti cabai, kacang panjang, kedelai kubis, ubi jalar, dan lainnya. Hama ini akan mengakibatkan penurunan produktivitas dan mengakibatkan kegagalan panen karena daun menjadi tidak normal.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Terong Ungu

Daun yang terserang ulat grayak, akan tergulung dan didalamnya terkadang terdapat ulat, tinggal pertulangan daun, daun akan berwarna coklat kehitaman dan sebagainya. Berikut klasifikasi dan morfologi ulat grayak berdasarkan tingkat taksonominya.

Klasifikasi Ulat Grayak

Menurut Kalshoven (1981) ulat grayak diklasifikasikan sebagai berikut:

Kingdom: Animalia

Filum: Arthropoda

Kelas: Insekta

Ordo: Lepidoptera

Famili: Noctuidae

Genus: Spodoptera

Spesies: Spodoptera litura F.

Morfologi Ulat Grayak

Ulat garyak mempunyai titik hitam arah lateral pada setiap abdomen. Larva mudah berwarna kehijau-hijauan, instar pertam tubuh berwarna hijau kuning, panjang 2,0-2,74 mm dan tubuh berbulu-bulu halus, kepala berwarna hitam dengan lebar 0,2-0,3 mm.

Instar kedua, tubuh berwarna hijau panjang 3,75-10,0 mm, bulu tidak terlihat dan ruas abdomen pertama terdapat garus hitam meningkat pada bagian dorsal terdapat garis putih memanjang dari torak hingga ujung abdomen. Larva instar ketiga memiliki panjang tubuh 8,0-15,0 mm dengan lebar 0,5-0,6 mm (Desy dkk, 20013).

Instar keempat, kelima dan keenam agar sulit dibedakan,untuk panjang tubuh instar keempat 13-20 mm, instar kelima 23-35 mm, dan instar keenam 35-50 mm. Mulai instar keempat warna bervariasi kalung/bulan sabit berwarna hitam pada segmen abdomen yang keempat dan kesepuluh (Hera, 2007).

Pada sisi lateral dan dorsal terdapat garis kuning. Ulat yang baru menetas akan berwarna hijau muda, bagian sisi coklat tua atau hitam kecoklat-coklatan. Ulat berkepompong didalam tanah, membentuk pipa tanpa rumah pupa (kokon) berwarna coklat kemerahan denga panjang 1,6 cm. Imago berupa ngengat dengan warna hitam kecoklatan, pada sayap depan ditemukan spot berwarna hitam dengan strip-strip putih dan kuning. Sayap belakang biasanya berwarna putih (Hera, 2007).

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Ulat Grayak (Spodoptera litura). Semoga dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme