Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Bunga Alamanda (Allamanda cathartica)

Klasifikasi dan Morfologi  Bunga Alamanda (Allamanda cathartica)Bunga Alamanda memiliki nama latin Allamanda cathartica merupakan tanaman hias yang sering disebut sebagai bunga terompet emas, bunga lonceng kuning atau bunga buttercup. Bunga alamanda ini berasar dari Amerika Tengah, Selatan yang banyak ditemukan di Brazil dimana bunga ini umumnya digunakan sebagai hiasan karena memiliki bentuk yang indah.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Kutu Putih (Bemasia tabaci)

Bunga alamanda memiliki masih berkeluarga dengan bunga Apocynaceae, dengan genus Allamanda dan nama Binominal Pleuratus ostreatus. Namun, lebih jelasnya berikut klasifikasi dan morfologi tanaman bunga alamanda berdasarkan tingkat taksonominya.

Klasifikasi Bunga Alamanda

Menurut Heyna (1987) taksonomi tanaman alamanda secara lengkap adalah sebagai berikut:

Kingdom: Plantae

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Apocynales

Famili: Apcynaceae

Genus: Allamanda

Spesies: Allamanda cthartica L

Nama binomial: Pleuratus ostreatus

Morfologi Bunga Alamanda

Morfologi tanaman bunga alamanda, dapat dilihat berdasarkan ciri-ciri tanamanya, diantaranya akar, batang, daun, bunga, buah dan biji.

1. Akar

Tanaman alamanda tumbuh perdu, berumur panjang dengan tinggi mencapai 3-8 m, mengandung getah, perakaran pada tanaman tunggang dan memiliki warna yang kotor.

2. Batang

Batang bunga alamanda berkayu, silindris, terkulai, berwarna hijau, permukaan berbuku-buku, tiap buku terdapat daun yang melingkar, 4-5 helai, bergetah, percabangan monodial, cabang muda berwarna hijau, atas unggu dan putih kehijauan.

3. Daun

Daun bunga alamanda tunggal, berbentuk lonjong, bagian tepi rata melipat kebawah, ujung dan pangkal meruncing, panjang 5-16 cm, lebar 2,5-5 cm, tebal  dan memiliki pertulangan menyirip dan daun berwarna hijau.

4. Bunga

Bunga dari tanaman alamanda adalah majemuk, berbentuk tandan, berkelamin dua, terdapat diujung ketiak daun, tangkai berbentuk silindrid, pendek berwarna hijau, kelopak berbentuk lanset, dengan permukaan halus berwarna hijau, benang sari tertancap pada mahkota, mahkota beseling pada lekukan, tangkai putik berbentuk silindris, kepalaputik bercangap dua, berwarna kuning dan mahkota berbentuk terompet atau corong dengan permukaan rata dan berwarna kuning.

5. Buah dan Biji

Buah bunga alamanda berbentuk kotak, dan bulat dengan diameter 1,5 cm. Biji pada bunga alamanda ini berbentuk segitiga, berwarna hijau keputih-putihan ketika masih muda setelah tua akan hitam.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Bunga Alamanda (Allamanda cathartica). Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme