Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Lumut Daun (Bryopsida sp)

Klasifikasi dan Morfologi Lumut Daun (Bryopsida sp) – Lumut daun atau disebut dengan nama lumut sejati atau musci merupakan tumbuhan yang tidak berpembuluh dan tumbuhan berspora yang masuk kedalam superdivisi tumbuhan lumut “Bryophyta”. Selain itu, tumbuhan ini juga merupakan tumbuhan yang memiliki bentuk tubuh relatif kecil yang mempunyai bagian akar, batang dan daun berukuran relatif kecil juga.

Baca: Sistem Organ Reproduksi Ternak Kambing Jantan Beserta Fungsinya

Lumut daun juga disebut juga merupakan tumbuhan peralihan antara Thallophyta yaitu tumbuhan yang sangat sulit untuk dibedakan antara akar, batang dan daun. Berikut klasifikasi dan morfologi lumut daun berdasarkan tingkat taksonomi:

Klasifikasi Lumut Daun

Kingdom: Plantae

Division: Bryophyta

Kelas: Bryopsida

Ordo: Bryopceales

Family: Bryopceae

Genus: Bryopsida

Spesies: Bryopsida sp

Morfologi Lumut Daun

Lumut memiliki bentuk tubuh yang relatif kecil baik pada bagian akar, batang dan daun. Lumut ini tidak melekat pada substratnya melainkan pada nagian akar yang melakat pada tempat tumbuhnya.

Bentuk daun lumut daun berupa lembaran yang tersusun spiral, berwarna hijau muda, hijau mudah hingga kecoklatan jika sudah mati atau mengering.  Batang tumbuhan ini melekat langsung dengan daun dan akar sehingga sangat sulit menentukan mana bagian akar, batang dan daun. Batang berwarna hijau muda, hijau tua dan kecoklatan ketika kering/tumbuhan mati. Bagian akar berwarna kecoklatan yang hanya menempel dipermukaan tanah, batang pohon, bebatuan lembab dan sebagainya, akar tersebut berfungsi sebagai penyerap unsur air didalam permukaan tanah.

Adapun ciri ciri Lumut daun

  • Fase dominan merupakan fase gametofit.
  • Akar belum berupa akar, masih rhizoid.
  • Reproduksi vegetatif dengan spora, reproduksi generatif arkegonium menghasilkan ovum dan anteridium menghasilkan sperm.
  • Mempunyai struktur akar seperti daun.
  • Bentuk tubuh berukuran relatif kecil baik berupa batang, daun dan akar.
  • Tidak mempunyai sel/jaringan

Baca Juga:

Demikianlah informasi singkat mengenai Klasifikasi dan Morfologi Lumut Daun Beserta Ciri-cirinya. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme