Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Semut Hitam (Dolichoderus thoracicus)

Klasifikasi dan Morfologi Semut Hitam (Dolichoderus thoracicus) – Semut hitam (Black ant) atau dikenal semut ireng merupakan semut yang banyak ditemukan pada tanaman jeruk, kakao, kopi, dan mangga (Kalshoven, 1981). Sarang semut hitam biasanya berada diatas permukaan tanah dan juga peleaph daun  atau tempat-tempat kering dan gelap serta tidak jauh dari sumber makanan (Way and Khoo, 1992).

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sengon (Paraserianthes falcataria)

Semut hitam  Dolichoderus thoracicus termasuk dalam ordo Hymenoptera (serangga bersayap bening) dan termasuk dalam Familia Formicidae. Berikut penjelasan klasifikasi dan morfologi semut hitam.

Klasifikasi Semut Hitam

Menurut Kalshoven (1981), klasifikasi semut hitam adalah sebagai berikut:

Kingdom: Animalia

Filum: Arthropoda

Elas: Hexapoda

Ordo: Hymenopter

Famili: Formicidae

Sub famili: Dolichoderus

Genus: Dolichoderus

Spesies: Dolichoderus thoracicus Smith

Morfologi Semut Hitam

Menurut Hashimoto & Rahman (2003), ciri-ciri semut hitam pada bagian kepala, thorax dan abdomen adalah sebagai berikut:

1. Kepala

Kepala semut terdapat banyak organ sensor, diantaranya antena, antenal scrobe, mata, clypeus, frontal carina, mandibula dan palp formula. Antena merupakan organ sensoro yang bersegmen dari semut yang terletak diantara mata majemuk yang terdiri dari tiga bagian, yaitu scape (SC), pedicel (PD) dan Funiculus (FC) atau sama dengan Flagelum (FU).

2. Thorax

Mesosoma (Altrunk) merupaka bagian dari tubuh serangga yang terletak antara kepala dan abdomen. Alitrunk terdiri dari segmen thorax yaitu; prothorax, mesothorax dan metathorax (Hasmimoto & Rahman, 2003). Prothorax meliputi : pronotum (PN), propleuron (PR), sedangkan Mesothorax meliputi bagian : mesonotum (MS), mesopleuron (MSP) dan Metathorax meliputi : metapleuron (MTP).

3. Abdomen

Abdomen pada semut tediri dari tujuh buah segmen (A1-A7), yaitu propadeum (PPD,A1), petiole (PT,A2), gastral, keempat dan ketujuah sama segemen gastrel (GA), pigydium (PY), dan Hypopygidium(HY).

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Semut Hitam (Dolichoderus thoracicus).  Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme