Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sengon (Paraserianthes falcataria)

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sengon (Paraserianthes falcataria)Tanaman sengon (Paraserianthes falcataria ) dapat dikelompokan kedalam famili Leguminoceae dengan sub famili Mimosaidae dan memiliki nama beberapa nama lokal. Didaerah Jawa sengon dikenal dengan  nama jeungjin (sunda), dan sengon laut (Jawa), didaerah Maluku dikenal dengan nama sika, di daerah Sulewesi dikenal dengan nama tedehu pute dan di Papua dikenal dengan bae/wahagon. Sengon juga memiliki beberapa nama di negara lain yaitu batai (Perancis, Jerman, Italia, Usa dan Kanada), Kayu machus (Serawak Malaysia) dan puah (Brunai darussalam).

Baca: Cara Mengatasi Hama Ulat Tanah Pada Tanaman Cabai

Klasifikasi Tanaman Sengon

Menurut Warisno  (2009), klasifikasi ilmiah tanaman sengon adalah sebagai berikut:

Kingdom: Plantae

Subkingdom: Trachebionta

Superdivision: Spermatophyta

Division: Magnoliopsida

Classis: Magnoliopsida

Subclasissi : Rosidae

Ordo: Fabales

Familia: Fabaceae (Leguminoceae)

Genus: Paraserioanthes

Spesies:  Paraserioanthes falcataria L. Nielsen.

Morfologi Tanaman Sengon

Morfologi tanaman sengon  terdiri dari akar, batang, daun, buah dan biji.

1. Akar

Akar pohon sengon berupa serabut atau sering disebut rambut akar. Akar rambutnya tidak terlalu besar, tidak rumbun atau semrawut, dan tidak menonjol kepermukaan tanah. Akar ini justru dimanfaatkan oleh pohon induknya untuk menyimpan zat nitrogen, sehingga sekitar pohon segon menjadi subur.

2. Batang

batang umumnya tidak berbanir, tumbuh lurus dan silindris. Permukaan batang memiliki kulit licin, berwarna abu-abu atau kehijauan. Tinggi pohon total mencapai 40 m dan tinggi bebas cabang mencapai 20 m.

3. Daun

Daun sengon tersusun majemuk menyirip ganda dengan panjang sekitar 23-30 cm. Anak daun daunnya kecil-kecil, banyak dan berpasangan, terdiri dari 15-20  pasang pada setiap sumbu (tangkai), berbentuk lonjong  (panjang 6-12 mm, lebar 3-5 mm) dan pendek kearah ujung.

4.Bunga

Bunga sengon tersusun dalam malai berukuran panjang 12 mm, berwarna putih kekuningan dan sedikit berbulu, berbentuk seperti saluran atau lonceng. Bunga biseksual, terdiri dari bunga jantan dan bunga betina. Adapun penyerbukannya dibantu dengan perantara angin atau serangga.

5. Buah dan Biji

Buah sengon berbentuk polong, pipih, tipis dan panjangnya sekitar 6-12 cm, berawarna hijau ketika masih muda dan berubah warna kuning sampai coklat kehitaman jika suda tua. Setiap polong buah bersisi 15-30 biji. Biji sengon berbentuk pipih dengan lebar sekitar 3-4 mm dan panjang 6-7 mm. Biji tersebut berwarna kehitam-hitaman, agak keras dan berlilin.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sengon (Paraserianthes falcataria). Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

 

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme