Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Semut Rangrang (Oecophylla smaradigna)

Klasifikasi dan Morfologi Semut Rangrang (Oecophylla smaradigna) – Semut rangrang atau kerengga adalah semut dengan ukuran besar yang dikenal dengan memiliki kemampuan tinggi dalam membentuk sarangnya. Dalam bahasa inggris semut rangrang dikenal dengan Weaver ant atau semut penganyam. Semut rangrang hidup secara koloni atau serangga sosial dalam populasinya.

Baca: Pengertian, Ciri-Ciri dan Manfaat Pupuk ZA (Amonium Sulfate)

Semut rangrang termasuk dalam keluarga Formicidae dengan ordo Hymnoptera yang memiliki nama latin Oecophylla smaragdina.

Klasifikasi Semut Rangrang

Menurut Maskoeri Jasin (1987), semut rangrang di klasifikasikan sebagai berikut:

Kingdom: Animalia

Phylum: Arthopoda

Kelas: Insecta

Ordo: Hymonoptera

Famili: Formisidae

Genus: Oecophylla

Spesies: Oecophylla smaragdina

Morfologi Semut Rangrang

Morfologi semut rangrang, dapat dilihat berdasarkan ciri-ciri semut rangrang adalah sebagai berikut:

  • Kepala terdapat banyak organ sensor diantaranya adalah antena, atenak scrobe, mata, clypeus, frontal carina, mandibula dan palp formula. Antena meruaka organ bersegmen dari semut yang terletak diantara mat majemuk yang terdiri dari tiga bagian yaitu Scape (SC), Pedicel (PD) dan Funiculuc (FC) atau sama dengan Flagelum (FU).
  • Thorax atau alitrunk (Mesoma) merupakan bagian kedua tubuh serangga yang terletak diantara kepala dan abdomen. Terdiri dari tiga segmen thorak yaitu prothorax, mesothorax dan Prothorax meliputi : pronotum (PN), propleuron (PR), sedangkan mesothorax meliputi bagian: mesonotum (MS), mesopleuron (MSP), dan Metathorax meliputih: metapleuron (MTP).
  • Abdomen terdiri dari tujuh buah segmen yaitu propdeum (PP, A1), peteiole (PT,A2), gastral, gaster (GA) pigydium (PY), dan hypopygidium (HY). Keempat segmen sampai yang ketujuh disebut gaster (GA).
  • Memiliki warna merah kehitaman dan memiliki ukuran tubuh dengan panjang 1-2 cm dilengkapi dengan protonom yang lebar.
  • Bentuk mulut runcing dan tipe mulut penghisap dan pengigit.
  • Bentuk ekor bulat tumpul atau seperti telur.
  • Memiliki kaki 3 pasang, dengan bagian ujung bergerigi.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Semut Rangrang (Oecophylla smaradigna).  Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme