Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Udang Windu (Penaeus monodon)

Klasifikasi dan Morfologi Udang Windu (Penaeus monodon) ā€“ Udang windu dikenal dengan sebutan Giant tiger (udang harimau raksasa), memiliki nama latin Penaeus monodon yang digolongkan dalam famili Penaedae pada filum Arthropoda yang merupakan ordo Decapoda dalam kelas Malacostraca, termasuk dalam kelompok, seperti kepiting, udang dan lobster.

Kebanyakan dalam ordo Decapoda adalah pemakan bangkai atau daging, namun untuk jelasnya. Berikut klasifikasi dan morfologi udang windu.

Klasifikasi Udang Windu

Menurut Suwignyo (1990), udang windu diklasifikasikan adalah sebagai berikut:

Kindom: Animalia

Filum: Arthropoda

Subfilum: Crustacea

Kelas: Malacostraca

Ordo: Decapoda

Famili: Penaeidae

Genus: Penaeus

Spesies: Penaeus monodon

Morfologi Udang Windu

Udang windu memiliki tubuh terdiri dari tiga bagian yaitu kepala dan dada (cephalothorax) serta perut (abdomen). Pada bagian kelapa terdiri dari antena, antenulle, mandibula dan dua pasang maxillae. Kepala dilengkapi dengan 3 pasang maxilliped dan 5 pasang kaki jalan (periopoda). Bagian dada terdiri dari 13 ruas, yaitu 5 ruas kepala dan 8 ruas dada. Bagian perut terdiri dari 6 ruas yang tersusun seperti genteng. Pada bagian perut juga terdapat 5 pasang kaki renang dan sapasang uropos (mirip ekor) yang membentuk kipas bersama-sama telson yang berfungsi sebagai alat pengemudi (Tricahyo, 1995).

Tubuh duang dibentuk oleh 2 cabang, yaitu exopodite dan endopodite. Udang windu mempunyai tubuh berbuku-buku dan aktivitas berganti kulit luar secara perodik yang biasa disebut dengan istilah moulting (Mujiman dan Suyanto, 1999).

Udang windu mempunyai 2-4 gigi pada bagian tepi vetral rostrum dan 6-8 gigi pada tepi dorsal moulting (Mujiman dan Suyanto, 1999). Udang windu betina mempunyai thelicum sebagai alat reproduksi, terletak diantara pangkal kaki jalan ke-4 dan ke-5 dan lubang saluran kelaminya terletak diantara pangkal kaki ke-3, sedangkan alat kelamin udang jantan disebut petasma yang terletak pada kaki renang pertama.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Udang Windu (Penaeus monodon). Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme