Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pohon Jati (Tectona grandis)

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pohon Jati (Tectona grandis)Pohon jati memiliki nama ilmiah “Tectona grandis” dengan ordo Lamiales dan masih famili dengan jenis tanaman Verbenaceae. Pohon jati berasal dari India, di negera asal tanaman jati dikenal berbagai macam nama tergantung daerah, seperti ching-jagu (wilayah asam), saigun (Bengkali), tekku (Bombay) dan kyun (Burma). Pohon jati juga dalam bahasa jerman dikenal dengan teck (teakbun) dan di Inggris dikenal dengan sebutan teak.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jarak

Pohon jati ini memiliki kualitas kayu yang tinggi dan memiliki berbagai macam kegunaan dalam kehidupan sehari-hari, terutamanya dibidang industri perabot rumah tangga misalnya pembuatan meja, kursi, lemari dan sebagainya. Adapun klasifikasi dan morfologi tanaman pohon jati berdasarkan taksonomi dan botani adalah sebagai berikut:

Klasifikasi Pohon Jati

 Kingdom: Plantae

Subkingdom: Viridiplantae

Divisi: Tracheophyta

Subdivisi: Spermatophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Lamiales

Famili: Lamiaceae

Genus: Tectona

Spesies: Tectona grandis Linn. f

Morfologi Pohon Jati

Morfologi tanaman pohon jati dapat dilihat berdasarkan ciri-ciri pohon jati, umumnya adalah:

1. Akar

Akar pohon jati memiliki 2 jenis yaitu, akar tunggang dan akar serabut. Akar tunggang yang tumbuh secara vertikal dan memiliki ukuran relatif besar, fungsi sebagai penopang tanaman agar tumbuh tegak. Akar serabut tumbuh kesamping, dan menyebar di permukaan, fungsi sebagai mencari unsur hara dan air.

2. Batang

Batang memiliki ukuran relatif besar, bulat dan lurus, tinggi total mencapai 40 m. Batang juga memiliki percabangan bebas dapat mencapai 18-20 m dan berbatang bengkok dan bercabang. Kulit batang berwarna coklat kuning keabu-abuan, terpecah-pecah dangkal dalam alur memanjang batang, tebal dan permukaan kasar.

3. Daun

Daun umumnya besar, berbentuk bulat telur terbalik, berhadapan, dengan tangkai yang sangat pendek. Daun pada anakan phon jatu berukuran besar, sekitar 60-70 cm x 80-100 cm, sedangkan pohon tua menyusut menjadi sekitar 15 x 20 cm. Berbulu halus dan mempunyai rambut kelenjar di permukaan bawahnya. Daun muda berwarna kemerahan dan mengeluarkan getah berwarna merah darah apabila diremas dan daun tua berwarna hijau muda hingga hijau tua.

4. Bunga

Bunga pohon jati majemuk yang terletak di dalam malai besar, berkisar 40 cm x 40 cm atau lebih besar, berisi ratusan kuntum bunga yang tersusun dalam anak payung menggarpu dan terletak di ujung ranting (jauh di puncak tajuk pohon). Taju mahkota berjumlah 6-7 buah, berwarna keputih-putihan, dalam satu rumah. Penyerbukan dilakukan secara alami dan bantuan dari serangga.

5. Buah

Buah pohon jati berbentuk bulat agak gepeng, berukuran 0,5-2,5 cm, berambut kasar dengan inti tebal, berbiji 2-4, umumnya hanya satu buah yang tumbuh.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pohon Jati (Tectona grandis)semoga berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme