Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Durian

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Durian – Durian ( Durio zibethinus Murr ) merupakan tanaman yang sudah yang telah lama dikenal masyarakat pada umumnya. Tanaman durian ini salah satu jenis tanaman buah yang dapat tumbuh dengan baik tropis, terutamanya di Indonesia. Tanaman ini memiliki habitat aslinya tumbuh di hutan belantara yang memiliki iklim panas. Pengembangan tanaman ini dapat dilakukan dengan baik pada ketinggian 800 m pdl dan juga pada suhu 25 – 32 celcius, serta memiliki kelembapan udara sekitar 80 %.

1Tanaman durian ini termasuk kedalam famili “ Bombacaceae ” dengan genus Durio serta memiliki ordo Bombacales. Selain itu, menurut beberapa pakar ahli botani klasifikasi dan anatomi tanaman durian adalah sebagai berikut.

Klasifikasi Tanaman Durian

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Divisi : Spermatophyta ( Tumbuhan berbiji )

Sub Divisi : Angiospermae ( Berbiji tertutup )

Kelas : Dicotyledonae ( Biji berkeping/dikotil )

Ordo : Bombacales

Famili : Bombacaceae

Genus : Durio

Spesies : Durio zibethinus Murr

Morfologi Tanaman Durian

Tanaman durian dapat tumbuh dengan baik daerah tropis, terutamanya di Indonesia. Tanaman ini termasuk kedalam tanaman musiman atau tahunanan dengan panjang 20-30 meter bahkan lebih. Sedangkan buah pada tanaman ini memiliki panjang 30-44 cm dengan lebar 20-25 cm , dan berat masing – masing 1,5-3 kg bahkan lebih. Setiap buah berisi 5 baris juring yang terdapat beberapa biji yang ada di dalamnya serta menyelimuti daging buah yang memiliki warna putih, krem, kuning , atau kekuningan tua. Setiap varietes durian menentukan besar kecil ukuran buah, rasa, testurs, dan juga ketebalan dagingnya.

Selain memiliki ketinggian yang sangat tinggi tanaman durian ini memiliki bentuk pohon yang tajuk, mirip segita dengan kulit durian terdiri dari alat kelamin jantan dan betina dalam satu bunga, sehingga tergolong bunga sempurna.

Sedangkan daun pada tanaman durian ini sangat bervariasi dan beragam sesuai dengan varietesnya. Bentuk daun pada durian ini memiliki bentuk lonjong, melanse, dan melonjong melanset, namun panjang umumnya daun tanaman durian < 2 cm. Daun durian juga memiliki pangkal daun buah terdiri dari dua bagian yaiti bagian menumpul dan membundar.

Bunga pada tanaman durian ini memiliki panjang dengan kelopak tambahan > 2 cm. Bunga tersusun atas kelamin jantan dan kelamin betina, sehingga dikatakan dengan bunga sempurna. Penyerbukan bunga ini di lakukan dengan kontak langsung atau di lakukan sendiri, dan juga di bantu dengan lingkungan sekitar berupa keadaan angin, serta hewan yang ada di sekitar.

Biji pada durian ini memiliki bentuk bulan memanjang, dengan dilengkapi dengan serabut halus di bagian ujungnya, biji ini memiliki warna bagian dalam putih, dan warna bagian permukaan kekuningan. Biji pada tanaman durian ini tersususun hanya beberapa lapaisan, lapisan pertama memiliki kulit luar ( epidermis ) yang tipis, serta bagian dalam dermis yang tebal.

Kulit pada durian ini memiliki duri yang sangat tajam, dengan bentuk runcing dan bagian bawah melebar. Selain itu, kulit pada buah ini memiliki ketebalan 1,5-2 cm bahkan lebih tergantung dengan variaetes memiliki warna kekuningan dan kehijauan.

Baca artikel tentang durian :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme