Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jamur Tiram

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jamur Tiram – Jamutr tiram (  Pleurotus ostreatus ) merupakan salah satu jenis jamur kayu yang sangat mudah di budidayakan. Biasanya banyak sekali orang menyebut jamur tiram adalah jamur kayu, karena jamur ini banyak sekali di jumpai di sekitar media kayu yang sudah membusuk tau lapuk.

0

Jamur tiram juga merupakan salah satu jenis jamur makrospik, tidak berklorofil dan juga berspora, yang memiliki bentuk tubuh seperti payung dan memiliki warna putih . Berikut klasifikasi dan morfologi tanaman jamur tiram.

Klasifikasi Tanaman Jamur Tiram

Kingdom : Myceteae

Divisi : amastigomycota

Kelas : Basidiomycetes

Seb Kelas : Holobasidiomycetidae

Ordo : Agaricales

Famili : Tricholomataceae

Genus : Pleurotus sp.

Spesies : Pleurotus ostreatus

Morfologi Tanaman Jamur Tiram

Jamur tiram berbentuk membulat, lonjong dan melengkung seperti cangkang tiram. Jamur tiram putih memunyai tudung berdiameter 4-5 cm atau lebuh. Berbentuk seprti tiram, cembung kemudian menjadi rat atau kadang juga membentuk corong, permukaan licin, agar berminyak dan lembab.

Selain itu memiliki warna yang sangat bervariasi mulai dari warna putih, abu-abu, dan coklat tua. Tetapi menggulung kedalam , pada jamur muda seringkali bergelombang aatau bercuping.

Jamur tiram berdaging tebal, berwarna putih , dan lunak pada bagian tangkai. Tangkai jamur terkadang ada dan juga tidak tergantung pertumbuhan, tumbuh pendek, koko dan tidak di pusat atau lateral, panjang 0,5-4,0 cm , gemuk, padat, kuat kering pada umumhya berambut atau berbulu kapas paling sedikit di dasar.

Spora pada jamur berwarna putihsampai keungguan muda atau abu-abu keungguan , berukuran 7-9 x 3-4 mikron, berbentuk lonjong, dan licin jika di sentuh.

Baca juga : Jenis – Jenis Jamur dan Manfaatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme