Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kamboja

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kamboja – Tanaman kamboja (  Plumeria sp ) merupakan tanaman hias berbunga yang berasal dari Amerika Tengah dan Afrika. Tanaman ini termasuk dalam kingdom ( kerajaan )  plantae. Tanaman ini diberi nama Plumeria di karenakan untuk menghormati pakar botani yang pertama kali menemukannya yaitu Charles Plumier ( 1646 -1706 ) berasal dari Perancis.  Namun, tanaman ini sudah menyebar luas keberbagai benua terutamanya benua Asia yang banyak membudidayakan tanaman ini.

11

Tanaman ini termasuk kedalam famili apocynacea yang banyak di temukan di negara mana pun termasuk di Indonesia, dapat di temukan di wilayah bali. Namun secara sistematis morfologi, klasifikasi dan anatomi tanaman kamboja ini adalah antara lain.

Klasifikasi tanaman kamboja

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Subkingdom : Tracheobionta ( Tumbuhan berpembulu )

Super Divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan bulu )

Divisi : Magnliphyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Magnoliopsida ( Berkeping dua / dikotil )

Ordo : Gentilanales

Famili : Apocynacecae

Genus : Plumeria

Spesies : Plumeria acumnita Ait, Plumeria rubra

Morfologi Tanaman Kamboja

Tanaman kamboja ini memiliki beberapa jenis dan varietes mulai dari warna yang berbeda dan bunga yang berbeda serta nama latin yang berbeda, namun masih dalam satu famili. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada subtropis dan tropis hingga mencapai ketinggian 1,5 – 6 meter bahkan lebih. Tanaman kamboja ini memiliki pertumbuhan cepat dan juga menghasilkan bunga  yang sangat banyak. Berdasarkan morfologi tanaman kamboja ini dapat di bedakan antara lain.

a. Batang

Tanaman bunga kamboja memiliki batang yang keras atau berkayu, bulat memanjang, memiliki cabang yang banyak, bekas dudukan daun terlihat jelas, dan berwarna keputih kehijauan. Selain itu, batang tanaman ini memiliki pertumbuhan cepat, dan juga tahan terhadap hama dan penyakit yang menyerang.  Batang tanaman ini memilik ketinggian 1.5 – 6 meter bahkan lebih tergantung dengan varietes yang di tanam.

b. Daun

Tanaman kamboja memiliki daun tunggal, memiliki panjang 10-25 cm bahkan lebih, runcing di bagian pangkal, memiliki bagian tepi merata, tebal dan memiliki bentuk kelonjongan. Daun tanaman ini memiliki warna hijau muda, dan tua. Selain itu, daun tanaman ini memerlukan matahari yang cukup untuk memasak, menyimpan dan membuat cadangan makanan yang baru.

c. Bunga

Tanaman kamboja mempunyai bunga majemuk, malai rata, kepolak memiliki bentuk corong, memiliki mahkota bunga empat bagian dan juga memiliki warna yang sangat bervariasi dan beragam mulai dari putih, kemerahan, dan campuran. Bunga pada tanaman ini terletak di bagian cabang atau ketiak pada tanaman bunga kamboja. Proses penyerbukaan ini di bantu dengan angin, dan binatang lainnya  yang ada disekitarnya.

c. Buah dan biji

Buah pada tanaman ini memilikik bentuk lonjong kebulatan berwarna kehijauan dan kehitaman bila sudah tua. Selain itu, buah pada tanaman ini memiliki panjang 18-20 cm dengan lebar 1-2 cm bahkan lebih. Sedangkan biji pada tanaman kamboja ini berbentuk bulat, memiliki sayap, dan putih kotor.

d. Akar

Tanaman ini memiliki akar tunggang, bercabang, berwarna kecoklatan muda hingga tua. Akar tanaman ini memiliki berfungi untuk menyerap mineral dan unsur air yang ada di dalam tanah dengan kedalaman 1.5 -2 meter bahkan lebih tergantung dengan pertumbuhan tanaman.

Baca juga : Cara Budidaya Bunga Kamboja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme