Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pisang

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pisang – Tanaman pisang merupakan salah satu jenis tanaman buah yang sudah banyak dikenal masyarakat secara luas, tanaman pisang ini diperkirakan berasal dari Asia Tenggara yang memiliki beberapa varietes yang menyebar luas di berbagai wilayah. Tanaman pisang ini secara umumnya memiliki nama latin atau ilmiah Musa paradica yang termasuk kedalam famili Musaceae ( suku pisang – pisangan ) yang terbentuk dari batang yang berair dan berdaun memanjang serta berpelapah.

1

Secara sistematisnya, tanaman pisang dapat diklasifikasikan dan morfologikan adalah sebagai berikut :

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Subkingdom : Trachebionta ( Tumbuhan berpembuluh )

Super Divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Liliopsida ( berkeping satu / dikotil )

Sub Kelas : Commelinidae

Ordo : Zingiberales

Famili : Musaceae ( suku pisang – pisang )

Genus : Musa

Spesies : Musa paradisiaca

Morfologi tanaman pisang

1. akar

tanaman pisang ini memiliki perakaran tunggang, dengan pertumbuhan berkelompok atau berkumpul yang bergerak menyebar kepermukaan secara menyamping dengan panjang berkisar 4-5 m. Selain itu, perakaran tanaman ini juga tidak dapat menembus media tanah dengan sedaman lebih dari 2 – 3 m bahkan lebih.

2. Batang

Tanaman ini memiliki batang terdiri dari 2 macam yaitu batang asli dan batang semu. Batang asli ini memiliki pangkal batang semu yang terdapat di dalam permukaan media tanah, dan juga memiliki banyak mata tunas yang dapat menghasilkan akar baru. Sedangkan batang semu tanaman pisang ini terdiri dari pelepah daun, dan juga perbatangan yang lebih kokoh untuk menyokong tanaman tetap tegak di atas permukaan tanah.

3. Daun

Tanaman pisang ini memiliki daun yang berbentuk rompang atau memanjang dengan berdaging tipis, pertulangan menyirip, dan memiliki permukaan daun yang licin. Daun pisang biasanya berbentuk bulat memanjang, melebar, dan juga memiliki pangkal daun yang tumpul serta memiliki pelepah dan tidak bertangkai. Biasanya daun pisang ini berwarna kehijauan muda hingga kehijauan tua.

4. Bunga

Tanaman pisang ini memiliki bunga yang beramah satu, berbentuk hampir menyerupai jantung berwarna kemerahan dan juga kekuningan bagian pangkal ujungnya. Biasanya bunga tanaman pisang ini terdapat dibagian pangkal bunga betina dan bunga jantan di bagian tengah. Selain itu, bunga pisang ini merupakan bunga sempurna yang melakukan penyerbukan sendiri maupun dibantu dengan hewan sekitar.

5. Buah

Tanaman pisang ini memiliki buah yang terbentuk dalam tandan, sisir, biasanya terdapat 7-21 buah tergantung dengan varietes yang di gunakan. Buah pisang ini memiliki bentuk bulat memanjang, berwarna hijau, kekuningan, dan juga hijau kekuningan dengan ukuran masing – masing berbeda  – beda. Buah pisang ini memiliki biji hanya beberapa saja, berwarna kehitaman, dan juga memiliki daging lunak serta memiliki rasa yang manis jika sudah matang.

Baca juga : Cara Memperbanyak Bibit Pohon Pisang

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme