Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Pemanfaatan Kulit Kopi Untuk Pakan ternak

Pemanfaatan Kulit Kopi Untuk Bahan Pakan ternak – Kopi merupakan salah satu tanaman yang banyak dikembangkan dan dibudidayakan di berbagai macam kalangan masyarakat, yang biasa hanya biji kopi saja yang dimanfaatkan sebagai minuman. Namun, tahukah bahwa kulit kopi ternyata dapat digunaka untuk pakan ternak ruminansia seperti kambing, domba, sapi dan kerbau yang dapat membantu meningkatkan bobot badan, meningkatkan produksi susu dan sebagainya.

1

Kandungan protein sekitar 8, 549 % di dalam kulit kopi sangat tinggi dibandingkan dengan kandungan zat nutrisi rumput, bukan hanya itu saja kulit kopi juga dapat di manfaatkan untuk bahan pakan ternak non ruminansia, terutamanya pada unggas. Walaupun demikian, ada beberapa faktor pembatas dengan menggunakan kulip kopi, diantaranya mengandung serat, zat anti nutrisi ( tannin dan kafein ) sehingga memiliki peranan yang sangat penting bagi ternak.

Baca :  Cara Membuat Tepung Ikan Untuk Pakan Ternak

Bahan pakan kulit kopi apabila dilakukan fermentasi, maka kandungan protein dan energi akan meningkat tetapi kandungan serat kasar akan menurun. Berdasarkan penelitian Parwati, et al 2008 menunjukan bahwa kulit kopi yang di fermentasikan dengan menggunakan Aspergillus niger  akan sangat baik untuk mengantikan dedak padi sebagai pakan konsentrat pada ternak. Hal ini dikarenakan dengan adanya suatu ilmu dan teknologi dapat menjadikan bahan pakan kulit kopi menjadi bahan pakan yang bermutu dan berkualitas.

Cara membuat fermentasi kulit kopi dengan Asperigilllus niger

  1. Aspergillus niger dilarutkan kedalam air, kemudian tambahkan dengan larutan gula, urea, dan NPK. Lalu lakukan inkubasi selama 24 jam.
  2. Menyiapkan wadah atau tempat untuk fermentasi berbentuk silo maupun tong plastik yang dapat di tutup dengan rapat sehingga kedap dengan udara.
  3. Bahan pakan kulit kopi yang sudah siap dilakkan fermentasi lakukan menaburan pada permukaan media dengan ketebalan 5 – 10 cm, kemudian lakukan penyiraman dengan larutan Aspergillus secara merata. Penyiraman dapat dilakukan dengan gembur atau shower.
  4. Tumpukan bahan pakan yang sudah disiram menggunakan larutan tersebut, ditaburkan kembali bahan pakan kulit kopi dengan setebal yang sama dan lakukan penyiraman larutan tersebut, lakukan hal tersebut secara terus menerus hingga wadah atau tempat penuh.
  5. Kemudian setelah selasai untuk penyiraman dan penumpukan bahan pakan ternak, lakukan penutupan dengan plastik maupun terpal hingga rapat tanpa cela sedikit pun dan lakukan inkubasi selama 1 minggu.
  6. Selanjutnya setelah 1 minggu lakukan pembongkaran dan lakukan penganginan atau di angin – anginkan.
  7. Penggunaan bahan pakan ternak ini bisa ditambahkan dengan bahan pakan lainnya, untuk meningkatkan kandungan yang ada di dalamnya.

Kandungan nutrisi penggunaan bahan pakan kulit kopi untuk ternak

Kandungan kulit kopi untuk pakan ternak yang di fermantasikan adalah bahan kering 95. 22 5, protein kasar 10, 47 %, lemak kasar 0, 26 % dan serat kasar 32 , 36 % serta gross energi 4, 14 kka/g.Adanya kandungan tersebut akan sangat berguna dan bermanfaat untuk meningkatkan bobot badan, meningkatkan hasil produksi dan menyehatkan kesehatan ternak.

Baca juga :

Demikianlah ulasan tentang pemanfaatan kulit kopi untuk pakan ternak, semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme