Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Pakan Alternatif Pengemukan Untuk Kambing

Pakan Alternatif Pengemukan Untuk Kambing – Peternakan kambing dan domba merupakan salah satu ternak yang banyak dikembangkan dan dibudidayakan diberbagai kalangan masyarakat. Permintaan yang banyak membuat para peternak menjadikan ladang bisnis untuk mengembangkanya mulai dari skala kecil hingga skala besar. Namun, dalam upaya pengembangan membutuhkan pakan yang berkualitas untuk ternak kambing atau domba.

1

Hal ini dikarenakan pakan sangat mempengaruhi kualitas ternak kambing dan domba, mulai dari pertumbuhan hingga kualitas daging kambing atau domba. Pakan pengemukan yang sangat cocok dan cepat, untuk ternak kambing adalah sangat dibutuhkan bagi para peternak kambing atau domba. Mulai dari pakan hijauan, konsentrat, dan pakan fermentasi yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi sebagai suplemen pertambahan bobotn badan.

Ada beberapa pakan alternatif yang berkualitas dan sangat baik untuk pengembangan atau pengemukan bobot badan, ada sebagai berikut.

Baca : Cara Membuat Silase Untuk Pakan Ternak

Keuntungan dari pakan fermentasi untuk kambing

  • Meningkatkan bobot badan ( terutamanya kambing pedaging )
  • Meningkatkan produksi susu ( terutamanya kambin etawa )
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Meningkatkan kekebalan tubuh ternak kambing
  • Memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk kambing
  • Feses atau kotoran kambing akan tidak bau, sehingga mengurangi pencemaran udara disekitar kandang
  • Kotoran atau urine lebih relatif sedikit dan banyak mengandung gas metan, sehingga baik digunakan untuk biogas atau pupuk kandang.

Cara membuat pakan fermentasi pengemukan kambing

  1. Jerami atau kedebog pisang dan limbah pertanian lainnya, dilakukan pencacahan atau penghalusan kecil – kecil. Kemudian siapkan larutan gula dengan parutan nanas dan tambahkan air fermentasi sebanyak 1 -2 liter. Namun untuk membuat pakan fermentasi kering menggunakan air sebanyak 10 – 15 liter, tergantung dengan bahan – bahan yang digunakan.
  2. Lalu jangan lupa untuk mencampurkan bahan utama yaitu jerami atau gedebog pisang, ampas tahu dan limbah – limbah pertanian kedalam wadah atau tempat yang berukuran besar.
  3. Larutan gula yang sudah dilarutkan, dan nanas yang sudah dicampurkan lakukan pengadukan hingga merata dan tercampur, lalu diamkan selama 15 menit.
  4. Selanjutnya masukan kembali larutan kedalam 10 liter air, lakukan secara bertahap dan merata kedalam campuran bahan pakan di dalam wadah tersebut.
  5. Bahan tambahan bisa anda gunakan garam dapur, dan mengaduk kembali secara terus menerus hingga bahan tersebut tercampur merata.

Setelah proses semua selesai, maka anda harus memasukan bahan pakan tersebut kedam wadah tertutup drum atau ember plastik dan lakukan penutupan hingga merata menggunakan terpal atau plastik tebal, diamkan selama 1 – 2 hari. Namun, jika hanya menggunakan bahan pakan dari jerami atau kedebog pisang dalam proses fermentasi hanya membutuhkan beberapa jam saja sekitar 1 – 3 jam.

Dalam pemberian pakan pengemukan tersebut bisa dilakukan dua kali dalam sehari, pada pagi dan sore hari. Selain itu, tambahkan pakan konsentrat untuk dapat memaksimalkan bobot badan pada ternak kambing atau domba.

Baca juga : 

Demikianlah ulasan tentang pakan alternatif pengemukan kambing atau domba, semoga informasi yang kami berikan berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme