Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Mudah Membuat Pelet Apung

Cara Mudah Membuat Pelet Apung – Pakan ikan memang sangat beragam dan bervariasi, namun pada dasarnya harus memenuhi asupan gizi dan nutrisi di dalamnya. Pakan ikan yang dijual memiliki harga tinggi, sehingga para peternak ikan membuat cara alternatif untuk membuat pelet apung, bukan hanya para peternak yang membuat pakan ikan pelet apung saja melainkan para pengusaha juga membuatnya karena tergolong usaha yang cukup menjanjikan.

1

Memang pada dasarnya semua jenis ikan budidaya membutuhkan atau menggunakan pakan pelet, namun sangat diperhatikan bahwa ikan harus membutuhkan asupan nutrisi yang tinggi untuk memenuhinya dan mempercepat pertumbuhan. Jika anda ingin membuat pakan ikan pelet apung, sebagai bahan pakan alternatif maupun untuk bisnis yang menjanjikan, simak berikut ulasan cara mudah membuat pakan ikan pelet apung.

Baca :  10 Macam Pakan Alternatif Ikan Cupang

Persyaratan bahan pakan

Persyaratan bahan pakan yang paling penting adalah dalam kondisi kering, dan tidak berjamur, serta juga dapat bisa dihaluskan secara langsung untuk memudahkan ketahap berikutnya dalam pembuatan pakan ikan terapung tersebut.

Proses pembuatan pakan apung

Proses atau tahapan pembuatan pakan apung dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Mempersiapan bahan pakan dan membuat bakan pakan pelet apaung dengan memasukan bahan bersifat perekat atau lengket terlebih dahulu, misalnya tepung tapioka dengan pemakian sekitar 10 % – 20 % dari total campuran bahan pakan.
  2. Menambahkan air secukpunya agar bisa mengikat dengan adonan lainnya, cara alternatifnya bisa menggunakan tepung gaplek dan tepung onggok.
  3. Masukan bahan pakan sumber proteian utama, misalnya tepung ikan 20 %  dari total campuran pakan, tepung ikan tersebut bisa di ganti dengan kepala udang, tepung tulang maupun jeroan ikan.
  4. Masukan bahan pelengkap, seperti dedak halus sebanyak 30 %. Kemudian bahan pelengkap lainnya, minyak ikan 10 % dari total campuran bahan pakan, dan bisa juga menambahkan kalsium karbonat atau kapur sekitar 1 % hingga 2 % dan vitamin B komplek serta vitamina lainnya. Lalu masukan semua bahan, dimixer selama 10 – 15 menit hingga merata dan tercampur semua bahan.
  5. Terakhir bahan semua campuran diolah kembali kedalam mesin ekstruder sistem kering, secara otomatisnya pelet yang akan dihasilakan sudah dalam keadaan kering dan memiliki sifat yang akan mengapung di permukaan air.

Proses penggunaan mesin ekstruder

Jika anda menggunakan mesin bantuan ekstruder untuk membuat pakan apung, sebaiknya untuk mentukan sebuah ukuran yang kecil, sedang dan besar tergantung dengan pembuatan dan pakan yang diberikan untuk ikan. Penggunaan mesin ini bertujuan untuk memadatkan atau mengompres bahan pakan karena homogen pada campuran semua bahan adonan, akan lebih mengirit tenaga kerja dan waktu dalam pembuatan. Jika dalam skala besar, sebaiknya menggunakan mesin yang jauh lebih besar dan cocok digunakan dalam pembuatan pakan apung.

Baca juga :

Demikianlah ulasan tentang cara membuat pakan ikan apung atau mengapung, semoga informasi yang kami berikan berguna dan bermanfaat.

Incoming search terms :

  • Cara membuat pelet
  • Cara membuat pakan ikan apung
  • Cara membuat pelet ikan
  • Bahan pelet ikan apung
  • Membuat pakan ikan terapung
  • Bahan ikan pelet terapung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme