Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Pengertian Badan Golgi, Struktur dan Fungsi Badan Golgi

Pengertian Badan Golgi, Struktur  dan Fungsi Badan Golgi –  Dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai apa itu badan golgi? Bagaiman struktur yang dimiliki oleh badan golgi? Dan apa saja manfaat/fungsi badan golgi? Berikut pembahasannnya:

A. Pengertian Badan Golgi

Badan golgi memiliki naman sebutan yang bermacam-macam, yaitu: aparatus golgi, komplek golgi, dan diktiosom. Badan golgi adalah sebuah organel yang masih berkaitan/berhubungan dengan fungsi eksresi sel dan struktur yang dapat dilihat dengan menggunakan alat mikroskop dengan cahaya biasa.

Baca: Kelebihan dan Kekurangan Vertikultur

Organel yang terdapat di hampir semua sel eukariotik banyak ditemukan di berbagai organtubuh yang melaksanakan tugasnya sebagai fungsi ekresi. Setiap sel hewan memiliki 10-20 badan golgi, dan tumbuhan memiliki ratuhan badan golgi. Untuk penemu dari badan golgi ini berasal dari Italia yang bernama Camillo Golgi seorang ahli histologi dan patologi.

B. Struktur Badan Golgi

Struktur badan golgi berupa berkas kantung yang berbentuk cakram bercabang yang memiliki serangkaian pembuluh yang kecil dibagian ujung. Struktuk badan golgi memiliki hubungan yang sangat erat dengan fungsi dari pengeluaran sel. Selain itu pembulu berfungsi sebagai pengumpul dan membungkus karbohidrat serta zat/senyawa lain untuk diangkut kepermukaan sel dan sebagai penyumbang dalam pembentukan dinding sel.

Badan golgi terdiri dari beberapa lapisan yang ditutupi oleh membran dan badan golgi memiliki bagian sel yang hampir menyerupai Retikulum Endoplasma. Badan golgi memiliki dua bagian yaitu ci dan trans. Cis bagian yang menerima vesikel-vesikel yang berasal dari Retikulu endoplasma kasar. Bagian trans merupakan lanjutan dari cis yang akan membantu membentuk vesikel-vesikel, pemecahan, dan membantu menyiapkan penyaluran kebagian sel lainnya.

C. Fungsi Badan Golgi

  • Membentuk kantung (vesikula) untuk sekresi, terutamanya bagian sel kelenjar kantung kecil yang berisi enzim dan bahan-bahan lain.
  • Membentuk membran plasma, terutamanya kantung yang akan dilepas akan menjadi/membentuk bagian dari membran plasma.
  • Membentuk dinding sel tumbuhan.
  • Tempat terjadinta modifikasi protein.
  • Membantu untuk penyeleksi, mensortir dan memaket molekul-molekul untuk sekresi sel.
  • Membantu transpor lipid (lemak).
  • Membantu membentuk lisosom.
  • Membantu membentuk akrosom pada spermatozoa yang berisi enzim yang digunakan untuk memecah dinding sel telur.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Pengertian Badan Golgi, Struktur Badan Golgi, dan Fungsi Badan Golgi semoga dapat berguna dan bermanfaat.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme