Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Pengertian Ekosistem, Komponen dan Macam-Macam Ekosistem

Pengertian Ekosistem, Komponen Ekosistem dan Macam-Macam Ekosistem – Postingan kali ini admin fredikurniawan.com akan berbagi informasi pelajaran tentang Pengertian Ekosistem, Komponen-komponen Dalam ekosistem, dan Macam-Macam Ekosistem. Berikut Penjelasannya.

Baca: Pengertian Lemak, Fungsi dan Metabolisme Lemak

A.Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah salah satu sistem ekologi yang terbentuk, karena adanya hubungan timbal balik yang tidak dapat dipisahkan antara makhluk hidup dan lingkungan. Ekosistem juga dikatakan sebagai suatu kesatuan secara utuh yang menyeluruh antara unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi.

B.Komponen-komponen Ekosistem

Komponen-komponen pembentuk ekosistem terdiri dari dua komponen yaitu komponen abiotik dan komponen biotik adalah sebagai berikut:

1.Komponen Abiotik

Komponen Abiotik/komponen tak hidup adalah komponen yang berupa fisik dan kimia yang medium/substrak sebagai tempat berlangsungnya kehidupan/lingkungan sebagai tempat hidupnya. Komponen abiotik memiliki beragam variasi dalam ruang dan waktu. Komponen abiotik berupa bahan organik dan anorganik. Adapaun faktor yang mempengaruhi komponen abiotik dalam distribusi organisme, diantara adalah sebagai berikut:

  • Suhu
  • Air
  • Iklim
  • Sinar Matahari
  • Mineral (Garam)

2.Komponen Biotik

Komponen biotik adalah suatu komponen yang mengatur/menyusun ekosistem selain komponen abiotik. Berdasarkan peran dan fungsinya, komponen biotik dibedakan menjadi dua macam yaitu heterotrof (berperan sebagai konsumen) dan dekomposer (berperan sebagai pengurai).

a.Heterotrof (Konsumen)

komponen heterotof terdiri dari organisme yang berperan sebagai pemanfaatan bahan-bahan organik yang disediakan oleh organisme lain sebagai sumber makanan. Heterotrof juga disebut sebagai konsumen makro karena mengkonsumsi makanan yang berukuran kecil.

b.Dekomposer (Pengurai)

Dekomposer adalah organisme yang menguraikan bahan-bahan organik yang berasal dari organisme yang telah mati. Organisme pengurai akan menyerap sebagain hasil dari penguraian tersebut dan akan melepasakan bahan-bahan sederhana yang akan digunakan kembali oleh produsen. Adapun beberapa macam tipe-tipe dekomposer adalah sebagai berikut:

  • Aerobik: membutuhkan okseigen sebagai penerima oksidan atau elektron.
  • Anaerobik: tidak membutuhkan oksigen dan bahan organik sebagai penerima oksigen/elektron.
  • Fermentasi: bahan organik yang sudah teroksidasi sebagai penerima elektron. Komponen tersebut akan berada disuatu tempat dan berinteraksi membentuk kesatuan ekosistem yang teratur.

C.Macam-Macam Ekosistem

Ekosistem terdiri dari dua macam yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan adalah sebagai berikut:

1.Ekosistem Alami

Ekosistem alami adalah salah satu ekosistem yang terbentuk secara alami, tanpa ada campur tangan manusia. Misalnya ekosistem darat dan ekosistem air.

2.Ekosistem Buatan

Ekosistem buatan adalah salah satu ekosistem yang dibentuk oleh campur tangan manusia. Misalnya ekosistem bendungan, ekosistem sawah, ekosistem pemukiman dan lain-lain.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Pengertian Ekosistem, Komponen Ekosistem dan Macam-Macam Ekosistem semoga berguna dan bermanfaat. Terima Kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme