Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Pengertian Ham, Macam-Macam Ham dan Contoh Ham

Pengertian Ham, Macam-Macam Ham dan Contoh Ham – Hak Asasi Manusia atau HAM adalah sesuatu yang melekat semenjak seseorang berada dalam kandungan hingga ia lahir di dunia.

Setiap orang di seluruh dunia memiliki hak yang sama atau global dan universal. Hak Asasi Manusia melekat pada diri setiap orang yang terlahir sebagai manusia. sedangkan, Hak Warga Negara adalah hak atau sesuatu yang bisa ia peroleh karena bertempat tinggal di sebuah negara tertentu.

Baca: Cara Memilih Anakan Ayam Bangkok Bagus

A. Pengertian HAM

Pernahkah Anda mendengar tentang Hak Asasi Manusia atau HAM? Beberapa tahun silam dunia sempat mengecam tentang kejadian yang melanggar Hak Asasi Manusia atau HAM. Seperti peperangan di Suriah dan Palestina. Kekerasan yang terjadi di Myanmar terhadap Rohingnya dan sebagainya.

Di tanah air sendiri, beberapa dekade silam terdapat kasus pembunuhan terhadap salah seorang aktivis senior Hak Asasi Manusia atau HAM, yaitu Munir. Hingga pembunuhan tersebut terungkap. Tetap saja, aksi terror pembunuhan tersebut tidak mampu menunjukkan siapa sejatinya tokoh utama atau dalang pembunuhan Munir.

Pengertian Hak Asasi Manusia atau HAM adalah sesuatu yang bisa diperoleh setiap orang karena ia terlahir sebagai manusia, hidup dan bernapas. Misalnya saja hak memeluk agama, hak untuk memilih pasangan atau hak untuk bertempat tinggal yang layak.

Akan tetapi, Hak Asasi Manusia atau HAM tidak boleh melanggar atau membentur pada Hak Asasi Manusia atau HAM milik orang lain.

B. Macam – macam Hak Asasi Manusia atau HAM

Hak Asasi Manusia atau HAM terdiri dari berbagai macam, di antaranya:

1. Hak Asasi Pribadi (Personal Rights)

Segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan pribadi seseorang. Misalnya, bebas berpendapat tanpa tekanan, memeluk agama, bepergian dan sebagainya.

2. Hak Asasi Ekonomi (Property Rights)

Segala sesuatu yang berhubungan dalam masalah ekonomi. Seperti membeli barang dan menjual barang atau memanfaatkan barang.

3. Hak Asasi Politik (Politic Rights)

Setiap orang boleh mengikuti kegiatan politik atau pemerintahan.

4. Hak Asasi Peradilan (Procedural Rights)

Setiap orang boleh mendapat pembelaan proses peradilan atau lembaga hukum jika mendapat masalah atau terlibat kasus hukum.

5. Hak Asasi Sosial dan Budaya (Social and Culture Rights)

Manusia bebas mengembangkan diri dan berperilaku sosial serta mengembangkan kebudayaan. Termasuk mendapat pendidikan dan melakukan hobinya.

6. Hak Asasi Hukum (Rights Of Legal Equality)

Setiap manusia boleh melibatkan diri dalam pemerintahan serta mendapatkan keadilan dalam proses hukum. Termasuk perlindungan hukum atau pembelaan hukum.

7. Hak Pertahanan Dan Keamanan

Setiap orang bebas ikut dalam pembelaan negara bahkan juga wajib ikut membela negara.

C. Contoh – contoh Hak Asasi Manusia atau HAM

Hak yang melekat pada diri manusia bisa dijumpai ketika masing – masing orang yang saling memiliki hak tidak dapat mengendalikan diri dan melanggar batas haknya.

Sebagai contoh, dalam kasus pelanggaran HAM berat atau ringan.

a. Contoh pelanggaran HAM berat

1. Pembunuhan massal

Di beberapa negara, terjadi perang yang membunuh manusia lain dalam jumlah banyak atau bangsa tertentu.

2. Pengusiran massal

Setiap orang berhak untuk mendiami suatu wilayah tertentu. Jika ada manusia lain yang memaksa untuk pindah tanpa ada sebab yang jelas, termasuk melanggar Hak Asasi Manusia atau HAM.

b. Contoh pelanggaran HAM ringan

Ketahui juga jika ada manusia lain yang menyakiti dan tidak memberikan hak manusia lain seperti memukul, menganiaya, mencemarkan nama baik seseorang, juga bisa dikategorikan melanggar Hak Asasi Manusia atau HAM orang lain.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Pengertian HAM, Macam-Macam HAM dan Contoh HAM semoga berguna dan bermanfaat. Terima Kasih.

 

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme