Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Pengertian Kromosom, Struktur Kromosom Dan Fungsi Kromosom

Pengertian Kromosom, Struktur Kromosom Dan Fungsi Kromosom – Kromosom sendiri sangat erat kaitannya dengan cabang ilmu genetika. Yaitu suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang sifat – sifat dalam diri makhluk hidup yang diwariskan dari garis keturunan keluarga atau orang tuanya.

Sebut saja, ketika ada anak yang berambut keriting atau bermata biru, maka ia mendapatkan ciri ciri ini dari orang tuanya. Atau, ketika Anda memiliki sifat buah mangga yang rasanya manis dan besar karena berhasil menyilangkan antara buah mangga gadung dan buah mangga madu.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Ikan Bawal Laut 

Lalu, bagaimana bisa setiap makhluk hidup mewarisi sifat – sifat alamiah orang tuanya? Ini adalah berkat kromosom.

A. Pengertian Kromosom

Apa itu kromosom yang mungkin sering Anda dengar? Kromosom merupakan bagian kecil dari pembawa materi genetika yang ada dalam tubuh makhluk hidup. Terdiri dari DNA, gen, serta inti sel dari organism hidup itu sendiri. Bisa dikatakan, kromosom meskipun berukuran mikroskopis namun sangat penting bagi kehidupan organism hidup.

B. Struktur Kromosom

Struktur kromosom, terbentuk di antaranya 2 unsur penting, yaitu lengan kromosom dan sentromer.

Berikut uraian singkat sentromer dan lengan kromosom:

1. Sentromer

Apa itu sentromer? Apakah Anda pernah melihat bentuk sperma atau ikan kecebong. Nah, seperti itulah bentuk kromosom. Ia memiliki kepala dan lengan. Bagian kepala kromosom disebut juga dengan sentromer. Ini adalah bagian inti kromosom yang dapat membelah sel. Atau menjadi tempat perlekatan benang – benang gelendong agar nantinya bisa menjalankan pembelahan sel.

2. Lengan Kromosom atau kromatid

Lengan kromosom bukan merupakan tangan atau perpanjangan lengan. Akan tetapi, sebenarnya merupakan bagian tubuh kromosom itu sendiri. Di bidang ilmu genetika, lengan kromosom kerap disebut dengan kromatid.Kromosom mempunyai 2  lengan yang ditengahnya berbatasan dengan sentromer. Kecuali, untuk kromosom telosentrik. Bagian penyusun lengan kromosom terdiri dari selaput, kromonema, dan matriks. Selaput atau membran pelapis ini bertujuan untuk melindungi atau membungkus kromosom agar tetap bertahan dari berbagai kemungkinan perubahan susunan.

Sementara itu, kromosom sendiri berupa bentuk cairan yang berada dalam seluruh bagian kromosom. Di dalam cairan tersebut terdapat benang – benang halus berpilin yang disebut dengan kromonema.

Bagian penyusun kromonema terdiri dari butiran atau lingkaran kecil serupa manik – manik yang disebut juga dengan nukleosom atau kromomer. Kromomer tersusun dari lilitan benang – benang berpilin yang terdiri dari DNA dan materi pembawa sifat gen. DNA merupakan pembawa informasi genetik suatu individu atau gen makhluk hidup.

Bisa dikatakan, jika ilmuwan ingin mengetahui sifat – sifat alamiah garis keturunannya, maka dapat dianalisa melalui DNA. Misalnya, dalam cabang ilmu kriminal forensik untuk mengidentifikasi mayat Mr. X atau Mrs. X bisa melalui DNA yang ada dalam mayat tersebut.

C. Fungsi kromosom

Dalam hakikatnya, kromosom memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan makhluk hidup. Di antaranya:

  • Fungsi kromosom yang paling utama adalah membawa sifat genetik dari orang tua atau sifat waris keluarga. Materi genetik ini yang akan membentuk kepribadian, sifat dan ciri khas suatu individu.
  • Membentuk jenis kelamin tertentu. Kromosom X dan Y akan membentuk embrio XX atau XY yang membuat makhluk hidup memiliki jenis kelamin tertentu.
  • Membantu proses transkripsi DNA untuk menjalankan proses sintesa protein.
  • Membantu proses pembelahan sel yang membuat masing – masing sel memiliki gen sama.

Baca Juga: 

Demikian info tentang Pengertian Kromosom, Struktur Kromosom Dan Fungsi Kromosom. Semoga memberikan manfaat.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme