Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli – Defenisi lingkungan hidup secara umum merupakan dimana makhluk hidup akan melakukan interaksi satu sama lain dengan lingkungan yang dimiliki. Lingkungan hidup terbagi menjadi dua macam yaitu lingkungan abiotik dan biotik.

Lingkungan abiotik merupakan lingkungan yang berkaitan dengan interaksi antara benda-benda yang tidak hidup atau disebut benda mati yaitu perumahan, peralatan dan lain-lain, sedangkan lingkungan biotik merupakan lingkungan yang berkaitan dengan interaksi benda hidup yaitu seperti tanaman/tumbuhan, pepohonan dan bahkan mahkluk hidup yang berada disekitar.

Baca: Cara Kerja dan Peranan Hormon Asam Absisat Bagi Tanaman

Pengertian lingkungan hidup menurut para ahli

Ada beberapa para ahlyang mengemukakan tentang defenisi/pengertian lingkungan hidup yang berbeda-beda diantaranya yaitu:

  1. Ahmad (1987:3)

Lingkungan hidup merupakan salah satu sistem kehidupan dimana umat manusia masih ikut bercampur tangan terhadap tatanan ekosistem.

  1. Bintarto

Lingkungan hidup merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar, baik berupa benda matu maupun hidup yang sangat mempengaruhi/dipengaruhi sikap dan tindakan yang dilakukan kita.

  1. Emil Salim

Lingkungan hidup merupakan segala benda, kondisi/keadaan yang sangat berpengaruh pada suatu tempat yang di tempati dan juga mempengaruhi kehidupan manusia.

  1. Munajat Danusaputra

Lingkungan hidup merupakan semua benda dan kondisi yang ada didalamnya berupa manusia dan tindakan manusia, yang dimana manusai dalam satu ruang dan mempengaruhi kelangsungan hidup serta kesejahteraan manusia dan jasad yang masih hidup lainnya.

  1. Otto Soemarwoto

Lingkungan hidup merupakan environment, yaitu segala sesutu yang ada pada setiap makhluk hidup atau organisme dan berpengaruh pada kehidupannya.

  1. Sambas Wirakusumah

Lingkungan hidup merupakan segala aspek eksternal biologi, dimana organisme atau makhluk hidup dan ilmu lingkungan menjadi sebuah pelajaran dari aspek lingkungan organisme itu sendiri.

  1. Soedjono

Lingkungan hidup merupakan lingkungan fisik/jasmani yang ada di alam  yang mencakup lingkungan hidup manusia, hewan dan tumbuhan.

  1. Sri Hayati

Lingkungan hidup merupakan segala kesatuan dalam satu ruang dengan semua benda dan juga keadaan mahkluk hidup. Didalamnya yaitu kelangsungan hisup manusia dan juga kesajahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

  1. Menurut UU No. 32 Tahun 2009 (Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup)

Menjelaskan bahwa lingkungan hidup merupakan kesatuandalam satu ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup yang berupa manusia dan prilakuknya/tindakannya yang dapat mempengaruhi alam itu sendir, kelangsungan kehidupan, dan kesejahteraan manusia serta makhlu hidup lainnya.

  1. Menurut Wikipedia

Lingkungan hidup merupakan segala sesuatu yang ada disekitar manusia dan masih berhubungan timbal balik.

Baca Juga:

Itulah Informasi tentang pengertian lingkungan hidup, defenisi lingkungan hidup, menurut parah ahli semoga berguna dan bermanfaat bagi anda. Namun, apabila memiliki tambahan atau wawasan mengenai lingkungan hidup atau yang mau ditanyakan silakan tinggalkan dikolom komentar.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme