Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Pengertian Tanaman Hias, Jenis, Contoh dan Manfaatnya Terlengkap

Pengertian Tanaman Hias, Jenis, Contoh dan Manfaatnya Terlengkap –  Apa  kamu pernah mendengar istilah tanaman hias? Istilah ini sangat berkaitan mengenai keindahan yang dibuat dari tanaman hias, seperti dibagian bunga, daun dan tangkai. Namun lebih lengkapnya kami akan menjelaskan mengenai apa itu defenisi tanaman hias secara lengkap, simak penjelasan dibawah ini.

Baca: Pengertian Budidaya, Manfaat dan Contoh Budidaya Terlengkap

A. Pengertian Tanaman Hias

Tanaman hias adalah jenis tanaman yang menciptakan kesan keindahan, kecantikan dan daya tarik.  Tanaman hias juga dapat diartikan “Ornamental plant ” yaitu tanaman yang tumbuh karena ornamennya, bukan nilai komersial lainnya. Istilah ini sering disebut juga dengan holtikultura.

Adapun pengertian tanaman hias adalah mencakup semua tumbuhan baik berbentuk ternak, merambat, semak, erdu atau pohon yang sengaja di tanam orang sebagai komponen taman, kebun rumah, penghias ruangan, upacara, komponen riasan atau sebagai komponen karangan bunga (Wikipedia).

B. Jenis-Jenis Tanaman Hias

Ada beberapa jenis tanaman hias yang yang sering ditanam di sekitar lingkungan kita, adalah sebagai berikut:

1.Tanaman Hias Bunga

Tanaman hias bunga adalah tanaman yang sangat populer dikalangan masyarakat, karena banyak yang menanam tanaman jenis bunga. Bunga memang sangat berbagai macam bentuk dan warna tergantung dengan jenis tanamannya. Tanaman hias bunga biasanya di tanaman di luar runagan ataupun didalam ruangan dengan menggunakan pot sebagai medianya. Contohnya, yaitu: bunga mawar, bunga melati, bunga aster, bunga matahari, bunga kamboja dan sebagainya.

2.Tanaman Hias Buah

Tanaman hias buah adalah tanaman yang menghasilkan buah yang digunakan sebagai hiasan. Karena perpaduan antara tangkai, batang, daun dan buahnya sangat cocok dijadikan sebagai hiasan. Contohnya, yaitu buah lemon, buah jeruk nagami, cabe pelangi dan sebagainya.

3. Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun adalah tanaman hias yang memiliki keindahan dari segi daunnya, kebanyakan tanaman hias ini tidak memiliki bunga, tidak musa layu atau gugur. Contohnya, yaitu: kuping gajah, suplir, palem kuning, aglaonema, anthurium dan sebagainya.

3. Tanaman Hias Pohon

Tanamana hias pohon adalah tanaman yang berbentuk pohon dijadikan tanaman hias, biasanya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan memiliki keindahan di bagian batang dan tangkai. Contohnya, yaitu: bambu jepang, bambu kuning, beringin dan sebagainya.

5. Tanaman Hias Akar

Tanaman hias akar adalah tanaman yang memiliki keindahan di bagian akar, biasanya akar tersebut bisa di susun atau ditata sesuai keinginan. Contohnya, yaitu: adenium dan beringin.

C. Manfaat Tanaman Hias

Ada beberapa manfaat yang dapat diambil jika menanam tanaman hias, yaitu:

  • Meningkatkan keindahan lingkungan disekitar tempat tinggal.
  • Memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami tanaman hias agar terlihat lebih indah.
  • Meningkatkan penghijauan di lingkungan hidup.
  • Menjaga dan meningkatkan kebersihan udara.
  • Menyerap air sehingga bisa mencegah terjadinya erosi.
  • Menjadikan lingkungan sekitar menjadi lebih teduh dan segar.
  • Mengemburkan tanah sehngga lahan akan menjadi lebih subur.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang Pengertian Tanaman Hias, Jenis, Contoh dan Manfaatnya Terlengkap. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme