10 Jenis Penyakit Ayam Pedaging dan Petelur

Diposting pada

Jenis Penyakit Ayam Pedaging dan Petelur – Berikut ini adalah jenis-jenis penyakit unggas yang dapat anda baca dan cermati agar anda bisa lebih menambah wawasan anda tentang aneka jenis penyakit yang dapat menyerang unggas pedaging dan juga petelur:

jenis penyakit yang sering menyerang unggas pedaging dan petelur

 Baca: Cara Stek Tanaman Bunga Kertas Dengan Mudah

Jenis Penyakit Ayam Pedaging dan Petelur

Penyakit yang di sebabkan oleh Infeksi Bakteri


  • Snot/Coryza

    Di sebabkan oleh infeksi bakteri Haemophillus gallinarum. Penyakit ini biasanya menyerang unggas akibat dari adanya perubahan musim.

  • Berak Kapur atau Pullorum

    Berak kapur sendiri di sebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella pullorum. Berak kapur ini sering di temukan pada anak unggas yang baru berumur beberapa hari.

  • Berak Hijau

    Penyebab dari penyakit ini masih belum di ketahui secara pasti, demikian pula dengan metode pengobatannya. Selama ini penyakit ini di duga kuat di sebabkan oleh infeksi bakteri sejenis bakteri Salmonella pullorum. Penularan berak hijau sendiri terbilang sangat mudah yaitu melalui kontak langsung termasuk ketika unggas pejantan mengawini unggas betina dan melalui pakan dan juga minuman yang terlanjur terkontaminasi dengan ayam yang sedang sakit. Pengaruh penyakit ini bisa merembet sampai ke DOC dari keturunan indukan unggas yang sakit.

  • Kolera

    Penyebab dari penyakit ini adalah bakteri sejenis bakeri Pasteurella gallinarum atau bakteri Pasteurella multocida. Biasanya kolera menyerang ayam ketika ayam berusia 12 minggu. Penyakit ini sendiri menyerang ayam petelur dan juga pedaging. Serangan penyakit ini dapat bersifat akut atau kronis. Ayam yang terlanjut terserang kolera akan mengalami penurunan tingkat produktivitas bahkan mati. Bakteri penyakit ini menyerang sistem pernapasan dan juga sistem pencernaan.

  • Chronic Respiratory Disease (CRD) / Air Sac / ngorok / Sinusitis

    Penyakit ini di sebabkan infeksi bakteri Mycoplasma galisepticum. Biasanya penyakit ini menyerang unggas yang berada pada kisaran usia 4-9 minggu. Penuluaran terjadi melalui kontak langsung, tempat makan dan minum, peralatan kandang, paparan bakteri dari manusia, telur tetasan ataupun DOC yang terinfeksi.

  • Colibacillosis

    Penyebab dari penyakit ini adalah bakteri Escherichia coli. Masalah yang di timbulkan dapat berupa infeksi akut yang terbilang berat dengan resiko kematian yang tiba-tiba, angka kematian yang tinggi, hingga infeksi skala ringan dengan angka kesakitan serta kematian yang terbilang rendah. Infeksi bakteri ini dapat terjadi pada saluran pernapasan, septicemia atau enteritis di karenakan infeksi pada gastrointestinal.

Penyakit yang di sebabkan oleh Infeksi Viral


  • Tetelo / Sampar Ayam  / Newcastle Disease (ND) / Pes Cekak

    ND sendiri merupakan infeksi viral yang menyebabkan gangguan di saraf pernapasan. Penyakit ini disebabkan infeksi virus Paramyxo.

  • Gumoro / Infectious Bursal Disease

    Penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh unggas, terutama bagian fibrikus dan juga thymus. Kedua bagian ini adalah sistem pertahanan tubuh dari hewan unggas. Pada kerusakan yang parah, antibody si unggas tersebut tidak bisa terbentuk.

  • Bronchitis / Infectious Bronchitis

    Penyakit ini di sebabkan Corona virus yang menyerang system pernapsan unggas.

 Baca Juga:

Semoga artikel singkat kami tentang jenis penyakit yang menyerang pada unggas dan petelur ini menambah wawasanmu yaa. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.