Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Meningkatkan Produksi Telur Itik Petelur

Cara meningkatkan produksi telur itik petelur – Budidaya ternak bebek mulai menggeliat seiring dengan kebutuhan masyarakat untuk mengkonsumsi hasil daging maupun telurnya. Ternak bebek sendiri memiliki keunggulan dibandingkan dengan ternak unggas lainya karena lebih bisa tahan penyakit dan dapat berpotensi mendatangkan hasil dalam kurun waktu yang tidak lama.

cara meningkatkan produksi itik pete;ur

Untuk mendapat telur bebek yang berkualitas dan telah terbukti bisa meningkatkan jumlah telur yang dihasilkan, anda bisa mencoba menggunakan Suplemen Organik Cair (SOC) dengan bahan alami yang cukup mudah untuk diaplikasikan serta tidak membuat repot peternak yang memakainya.

Baca: Cara Mudah Stek Tanaman Buah Kelengkeng

Beternak bebek petelur mempunyai prospek yang bagus bila kita lihat dari permintaan pasar akan telur bebeknya, namun terkadang peternak mengalami sedikit kendala dan juga masalah pakannya. Dengan semakin melambungnya harga bahan pakan serta tingginya biaya perawatan maka akan semakin rendah pula keuntungan yang bisa didapat olah peternak. Inilah alasan mengapa kita harus mencari solusi bagaimana agar kita bisa menghemat biaya perawatan serta meningkatkan hasil produksi telurnya.

Kali ini kami ingin menshare sebuah cerita pengalaman tentang cara Meningkatkan Produksi Telur Bebek ala HCS yang cukup murah dengan kualitas pakan tinggi agar menghasilkan telur bebek yang jumlahnya melimpah.

Bahan-bahan untuk pembuatan pakan bebek petelur :

  • Gedebok cacahan sebanyak 20 s/d 30 %
  • Pakan konfit 511 sebanyak 30 %
  • Vibro 1 sendok dicampur air sebanyak 5 ltr
  • Air sebanyak 10 ltr
  • Katul sebanyak 20 %
  • Tepung ikan ( bekicot,kerang) sebanyak 10 %
  • Gula pasir seberat 250gr
  • SOC 20 tutup/kw

Teknis pembuatan pakan bebek petelur :


Siapkanlah gelaran, cacah gedebog sebanyak 20 hingga 30% dari total bahan, kemudian ratakan gedebog dengan ketinggian 20 cm secara merata.

Larutkan 1 sendok vibro kedalam 5 liter air, lalu buatlah larutan SOC dengan perbandingan 10 liter ditambahkan gula pasir seberat 250 gr dan juga SOC sebanyak 20 tutup. biarkan 15 menit sembari menyiapkan bahan-bahan yang lainnya.

Tambahkanlah BR 511 secara merata diatas gedebog pisang yang telah dicacah, tambahkan tepung daging (bekicot/keong)/tepung ikan  diatas BR 511, kemudian pencampuran air larutan SOC tadi dengan katul secara merata dengan diaduk aduk.

Setelah tercampur merata, taburkanlah diatas kesemua bahan yang tadi sudah dimasukan, dan masukanlah lagi Vibro yang dilarutkan di paling atas dari kesemua bahan tadi.

Terahkir, aduklah kesemuanya sampai benar-benar rata dan dimasukan ke dalam tong untuk dilakukan proses fermentasi (lama fermentasi sekitar 3 jam), dan kemudian pakan siap untuk diberikan ke ternak bebek petelur sebanyak 20 hingga 30 kg/hari/100 ekor.

Cara penggunaan SOC HCS :

JENIS TERNAK TAKARAN TEKNIK APLIKASI
Unggas (ayam, itik) 2,5 cc atau 1/4 tutup botol SOC + 15 liter air

2 x sehari

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang cara meningkatkan produksi telur itik petelur, semoga berguna dan bermanfaat. Jika anda ingin menambahkan atau memberikan saran, tinggalkan dikolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme