Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com

Cara Stek Tanaman Bunga Kertas Dengan Mudah

Cara stek tanaman bunga kertas dengan mudah – Bunga kertas atau yang kerap disebut juga dengan bougenville merupakan salah satu tanaman hisa yang banyak ditemukan dan bertumbuh di sekitar lingkungan kita. Padahal, fakta menunjukan bahwa bunga cantik yang satu ini merupakan bunga yang berasal dari negara Brazil. Bunga kertas memiliki gaya hidup unik, yang mana ia tumbuh subur dan menghasilkan bunga yang warna warni melimpah pada musim kemarau dan akan banyak berguguran saat musim penghujan. Di penghujung musim penghujan akan muncul tunas-tunas baru yang siap bertumbuh dan fenomena ini menjadikan pemandangan menjadi sejuk. Uniknya lagi, bunga kertas bisa dikreasikan menjadi aneka macam bunga dan daun yang berwarna-warni dalam satu pohon bunga. Caranya yakni dengan memberikan jenis warna bunga dan daun yang berbeda pada satu jenis pohon bougenville.

cara stek tanaman bunga kertas dengan mudah

Bunga sejenis ini cukup difavoritkan oleh para pecinta bunga untuk kemudian dijadikan bahan koleksi tanaman hias mereka. Salah satu alasanya, bunga ini sendiri dapat dengan mudah ditanam, serta cukup simple dalam merawatnya. Walau begitu, hasil pemandangan yang diberikan oleh tanaman hias bunga ini sangatlah sejuk dan cantik. Selain itu, bunga bougenville dapat dipakai juga sebagai penghias tatanan rambut pengantin, bunga pewangian di pemandian relaksasi spa, bahkan upacara pemakaman di Cina dan negara India.

Baca: Cara Sambung Pucuk Tanaman Kakao (Coklat)

Cara untuk memperbanyak tanaman hias jenis bunga kertas ataupun bougenville bisa dilakukan dengan teknik stek batang. Berikut ini adalah tips dari kami untuk melakukan stek tanaman bunga kertas di rumah:

  1. Pilihlah batang tanaman hias bougenville yang telah berumur dewasa atau sudah terlihat tua.
  2. Potong bagian batang dari tanaman tersebut secara menyerong dan juga agak runcing.
  3. Siapkanlah media tanam yang berupa tanah gembur yang sudah dicampurkan dengan pupuk kandang yang anda siapkan. Lalu masukan campuran tanah tadi kedapam pot berukuran sedang.
  4. Tancapkanlah batang bougenville ke media tanam sedalam 10 cm. Agar tanaman tadi tidak bergeser, patok patoklah dengan memakai bilahan bambu.
  5. Letakanlah pot tanaman ke tempat yang terbilang teduh dan juga kering. Usahakan agar tempatnya kondusif, yakni tidak begitu lembab dan juga tidak begitu panas suhunya.
  6. Tunggu sekitar 20 hari, lalu si tanaman bougenville tadi biasanya sudah bisa menumbuhkan tunas mudanya.

Setelah tunas tanaman bunga kertas mulai bertumbuh, anda hanya tinggal melakukan perawatan  rutin terhadap tanamanya saja. Selain itu, anda sebaiknya juga memperhatikan letak penanaman dari tanaman hias ini.

Baca Juga:

Jangan sampai tanaman bunga cantik ini hanya bertumbuh di tempat yang sulit yang anda lihat, ataupun berpotensi mengganggu. Dalam memeliharatanaman, kita juga memerlukan ketelitian, kesabaran, dan ketelatenan bukan? Demikianlah artikel singkat kami tentang cara stek tanaman bunga kertas dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme