Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Tanda – Tanda Ternak Kambing Yang Akan Melahirkan

Tanda – Tanda Ternak Kambing Yang Akan Melahirkan – Beternak kambing memang tidak mudah seperti yang dibayangkan, masih banyak peternak yang belum memahami seluk beluk tentang cara ternak kambing dengan benar dan tepat. Bahkan banyak peternak masih canggung dalam menanggani pasca kelahiran dan pemeliharaan bakal anakan (cempe).

1

Sebelum melakukan penanggani pasca kelahiran dan pemeliharaan bakal anakan, ada beberapa hal yang harus di perhatikan terlebih dahulu yaitu mengetahui tanda-tanda dan ciri-ciri ternak kambing yang akan melahirkan untuk lebih memudahkan dalam proses penangganan kelahiran ternak kambing. Diharapkan dengan ulasan informasi singkat ini, bisa dapat memberikan gambaran dan pemahaman baik yang sedang atau baru terjun ke dunia peternakan kambing.

Tanda dan ciri kambing akan melahirkan


Menurut penelitian dari Hariyanto dan Bagus (2011), mengatakan bahwa setiap induykan ternak yang akan melahirkan akan memiliki perubahan-perubahan tingka kali dan perubahan fisik yang akan mencerminkan gejala-gejala, diantara sebagai berikut:

  • Perubahan fisik ambing menjadi lebih besar, keras dan kencang.
  • Ternak akan mengalami gelisah karena kesakitan.
  • Ternak akan mengalami pengeluaran urine yang terlalu sering.
  • Terjadinya pembesaran pada bibir kemaluan ternak.
  • Edama pada vulva, lendir menyumbat serviks mencair, dan kolesterum mulau mencair serta keluar.
  • Mengalami relaksasi pada bagian pelvis, yang menyebabkan terjadinya pengendoran pada bagian urat daging.
  • Perubahan pada bagian servuks lendir, dan kental
  • Menjelang kelahiran akan terdapat lendir berwarna kekuingan jernih mencair.

Tanda dan ciri kambing mendekati kelahiran (1 bulan terakhir bunting)


  • Mengalami rotansi kebuntingan
  • Pertumbvuhan kelenjar mammae
  • Perluasan dan pelebaran pelvis
  • Vulva akan menjadi lunak dan membengkak

Proses Kelahiran Ternak Kambing


Proses kelahiran ternak kambing diawali dengan masuknya dari janin ke dalam saluran peranakan, kemudian terjadinya pemecahan pada kantung ketuban. Bagian yang akan muncul pertama adalah kedua pangkal ujung kaki depan yang dikiuti dengan kepala yang terletak diatas kedua kaki. Pada waktu sudah lahir dan sudah menyentuh tanah, secara otomatisnya anakan dari ternak kambing akan langsung memutuskan tali pusar dan sebaiknya mengoleskan Iodium tintrue ke bekas tali pusar yang sudah di putuskan agar menghindari infeksi dari  bakteri dan virus.

Selain itu, indukan ternak kambing biasanya akan melakukan tindakan tersendiri berupa menjilat-jilat tubuh anak yang dihahirkannya dengan baik untuk menghilangkan bekas cairan yang masih menempel. Namun apabila ternak belum melakukannya sebaiknya lakukan pengelapan dengan kain untuk menghilangkan cairan yang menempel  ditubuh ternak tersebut.

Baca juga:

Itulah informasi tentang tanda dan ciri ternak kambing yang akan melahirkan semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme