Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Tips Merawat Bunga kamboja Jepang Dengan Baik

Tips Merawat Bunga kamboja Jepang Dengan Baik – Bunga kamboja merupakan salah satu bunga yang sudah dikenal dan populer dimasyarakat, bunga ini memiliki keindahan dan keunikan tersendiri dibandingkan dengan bunga lain pada umumnya. Selain itu, bunga kamboja jepang ini memiliki warna yang sangat beragam dan juga bervariasi, terutamanya berwarna putih, keungguan, merah muda dan juga warna lainnya.

1

Bunga kamboja ini memang sangat mudah di tanam dan juga di budidayakan, namun tidak dengan pemeliharaan yang termasuk sangat sulit. Namun apalagi jika masih pemula pasti akan kerepotan untuk melakukan pemeliharaan setelah masa tanam bunga kamboja jepang ini. Tetapi jangan khawatir kami akan memberikan tips mudah dan sederhana agar dapat melakukan perawatan tanaman bunga kamboja ini dapat berkembang dengan baik, baik dalam pertumbuhan maupun proses pembungaan yang sangat cepat.

Baca : Klasifikasi dan Morfologi Bunga Kamboja Jepang

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum melakukan perawatan dan juga pemeliharaan tanaman bunga kamboja, diantara yaitu :

  • Tanaman bunga kamboja sebelum masa pemeliharaan harus memperhatikan kondisi tanaman.
  • Memperhatikan media tanah yang di gunakan baik sebelum penanaman maupun sesudah penanaman
  • Memperhatikan bibit yang digunakan sebelum penanaman berkualitas atau tidaknya.
  • Proses penanaman harus dilakukan dengan efektif, yang akan sangat mempengaruhi masa perawatan tanaman bunga kamboja tersebut.

Jika sudah memperhatikan beberapa hal sebelum masa perawatan tanaman bunga kamboja jepang tersebut, para petani atau penanam bunga kamboja ini dapat mengambil tindakan perawatan dengan baik, yang dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Penyiraman, setelah masa penanaman dilakukan sebaiknya dilakukan penyiraman dengan baik. Biasanya dilakukan 2 kali dalam sehari, dan juga perlu memperhatikan tanah jangan terlalu basah dan juga jangan terlalu kering yang akan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan juga media tanah.
  2. Sanitasi, merupakan salah satu cara membersihkan tanaman dari tanamana liar atau gulma yang berada disekitar tanaman bunga kamboja tersebut. Sanitasi ini dapat dilakukan dengan cara mencabut rerumputan, mengaruk atau mencongkel tanaman yang ada di sekitar tanaman bunga kamboja jepang dengan baik.
  3. Penimbunan, setelah beberapa bulan masa penanaman tanaman bunga kamboja sebaiknya sangat di sarankan untuk menimbun kembali perakaran pada pot atau media tanaman agar perakaran tanaman tersebut dapat berkembang di dalam media tanah dengan baik. Penimbunan tersebut, sebaiknya menggunakan media tanah yang sudah di campurkan dengan pupuk anorganik maupun organik yang akan membantu meningkatkan kesuburan media tanah.
  4. Pemupukan, pemupukan juga sangat penting dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan, kesuburan tanah, dan membuat tanah lebih gembur. Anda bisa memanfaatkan pupuk kandang, pupuk urea, npk dan juga pupuk lainnya sesuai dengan ketentuan – ketentuan yang berlaku.
  5. Pengendalian hama dan penyakit, dalam hal ini harus di ambil dengan serius dikarena hama penyakit ini akan menghambat pertumbuhan, pembungaan, dan juga bahkan mengakibatkan tanaman akan mati. Pengendalian hama penyakit ini bisa dilakukan dengan cara melakukan penyemprotan dengan insektisida dan fungisida berbahan aktif sesuai dengan dosis yang di tentukan.

Baca juga :

Itulah ulasan tentang tips  atau cara merawat bunga kamboja jepang semoga informasi yang kami berikan berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme