Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Kamboja Jepang

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Kamboja Jepang – Bunga kamboja jepang atau memiliki nama latin Adenium obesium adalah tanaman yang berasal dari gurun pasir kering, di dataran Asia Barat hingga Afrika. Namun bunga kamboja jepang ini di sana disebut dengan nama mawar padang pasir ( Desert rose ). Selain itu, di sebut dengan nama Adenium ini dikarenakan tanaman ini ditemukan pada kota Yaman di daerah Aden.

1

Secara sistematisnya, tanaman bunga kamboja jepang ini masih dalam keluarga Plumeria tetapi memiliki perbedaan – perbedaan yang sangat menonjol seperti batang, daun, yang memiliki perbedaan ukuran dan bentuk. Namun secara garis besar tanaman bunga kamboja jepang ini dapat diklasifikasikan dan morfologi sebagai berikut :

Baca : Klasifikasi dan Morfologi Bunga Anggrek

Klasifikasi bunga kamboja jepang

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Subkingdom : Trachebionta ( Tumbuhan berpembuluh )

Super Divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliphyta  ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua / dikotil )

Sub kelas : Asteridae

Ordo : Gentianales

Famili : Apocynaceae

Genus : Adenium

Spesies : Adenium obesum ( Forssk ) Roem & Schult

Morfologi bunga kamboja jepang

Bunga kamboja jepang ini dapat dikenali melalui ciri fisik dan morfologinya, adapun beberapa bagian tanaman yang memiliki karakteristik tersendiri dari tanaman yang dapat di jelaskan sebagai berikut ini.

1. Akar

Bunga kamboja jepang memiliki perakaran membesar dan membentuk hampir menyerupai umbian untuk penyimpanan cadangan air atau makanan. Perakaran tanaman kamboja jepang ini terkadang muncul di permukaan tanah maupun di dalam tanah dengan mencapai kedalaman sekitar 30-60 cm, dan juga akan tampak mengembung pada bagian dalamnya.

2. Batang

Batang tanaman bunga kamboja jepang memiliki bentuk bulat memanjang, lunak, dan tidak memiliki kayu. Batang tanaman bunga kamboja ini sering di kenal dengan sebutan batang sekulen, dan juga dapat mengantikan pekaran pada tanaman tersebut atau dapat membantu menyimpan cadangan air atau makanan.

3. Daun

Daun bunga kamboja jepang ini sangat beragam dan bervariasi tergantung dengan jenis dan varietesnya, mulai dari berbentuk lonjong, bulat oval, meruncing, kecil dan juga terdapat yang besar. Selain itu, daun tanaman ini juga memiliki bulu halus, pertulangan menyirip dan tampak, berwarna kehijauan muda hingga tua.

4. Bunga

Bunga kamboja jepang ini hampir menyerupai terompet yang memiliki jumlah kelopak 5 helai. Bunga ini juga memiliki warna yang sangat beragam dan juga bervariasi tergantung dengan jenis atau varietesnya mulai dari merah mudah, keungguan, dan juga lainnya. Selain itu, bunga tanaman ini juga akan melakukan penyerbukan sendiri maupun bantuan dari binatang sekitarnya.

Baca juga :

Itulah ulasan tentang klasifikasi dan morfologi bunga kamboja jepang semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme