Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com

Cara Agar Tanaman Kelengkeng Cepat Bunga dan Berbuah Lebat

Cara Ampuh agar tanaman kelengkeng  Cepat Berbunga dan Berbuah Lebat – Buah kelengkeng atau biasanya tampak mirip dengan leci adalah buah yang menjadi salah satu favorit masyarakat. Bentuknya bulat kecil-kecil berwarna kulit coklat dengan warna daging buah putih dan rasanya manis sekali.

Cara ampuh agar tanaman kelengkeng cepat berbunga dan berbuah lebat

Buah kelengkeng yang berkualitas bagus umumnya ukuran bulatannya besar dan biji yang terdapat di dalam dagingnya kecil. Rasanya yang manis dan segar seperti tebu, membuat dahaga seketika hilang, apalagi dikonsumsi dengan semangkuk sop buah atau es campur.

Baca: Jenis dan macam burung kenari gloster

Sayang disayang, dari segi budidaya, buah kelengkeng memiliki satu kendala yang krusial. Yaitu sangat lama berbuah. Butuh hingga 1 sampai 2 tahun. Hal ini dikarenakan kelengkeng membutuhkan suhu yang rendah agar bisa cepat berbunga. Masalah lama masa berbunga inilah yang menjadi faktor utama petani kelengkeng merasa resah dan membutuhkan solusi yang praktis dan efektif.

Lalu bagaimana tips ampuh agar tanaman kelengkeng cepat  bunga dan berbuah lebat? Jangan cemas, kami sudah merangkum tipsnya dari berbagai sumber

Tips ampuh agar tanaman kelengkeng cepat  bunga dan berbuah lebat

  1. Langkah pertama, memakai cara fisik, yaitu mengelupas serat cambium pada batang utama.
  2. Langkah kedua, menggunakan cara kimia, yaitu memberi bahan kimia berfungsi sebagai induksi agar tanaman kelengkeng cepat bunga dan berbuah lebat

Trik yang bisa dilakukan antara lain:

  1. Menyiram dengan induksi pada bagian akar-akar
  2. Menyemprotkan induksi pada bagian daun
  3. Menyuntikkan induksi pada batang utama/akar pohon

Dengan teknik induksi tersebut, ternyata dari sebuah studi bisa dihasilkan tanaman kelengkeng cepat  bunga dan berbuah lebat. Faktor bahan kimia yang menjadi prioritas keberhasilan adalah kclo3 sebagai oksidator.

Tips ampuh agar tanaman kelengkeng cepat  bunga dan berbuah lebat: penyiraman secara teratur

Media tanah sebagai tempat akar-akar berkembang harus memiliki kelembapan yang cukup. Akan lebih baik jika media tanah tempat lahan kelengkeng dibudidayakan dekat dengan perairan seperti kali atau sungai. Jika tidak, harus dilakukan penyiraman secara teratur.

Tips ampuh agar tanaman kelengkeng cepat  bunga dan berbuah lebat: ciri-ciri keberhasilan induksi

Setelah menerapkan teknik induksi atau penyiraman dengan bahan kimia sesuai aturan yang tepat, maka keberhasilan dapat ditentukan apabila mencapai 40 hingga 60 hari kemudian tumbuh bunga-bunga muda atau primordial. Apabila tidak muncul primordial bunga, bisa dipastikan berarti langkah ini gagal.

Setelah bunga mulai tumbuh, kelengkeng siap untuk perawatan intensif hingga siap panen. Biasanya membutuhkan waktu antara 4 hingga 6 bulan. Para petani kelengkeng juga sudah terbiasa melakukan ‘pemberongkosan’ atau menutup segerombol/rumpun buah-buah kelengkeng yang siap panen dengan penutup yang terbuat dari anyaman bambu. Ini untuk mencegah serangan hama seperti kelelawar atau burung yang bisa menurunkan tingkat produksi.

Baca Juga:

Jadi, apabila masih beredar anggapan jika kelengkeng tidak mau berbuah karena ia membutuhkan pohon kelengkeng betina (sepasang), ini adalah anggapan yang keliru. Karena setiap pohon kelengkeng pasti bisa berbuah asalkan diterapkan cara ampuh agar tanaman kelengkeng cepat  bunga dan berbuah lebat. Semoga memberikan inspirasi wawasan.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme