Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya Ikan Noen Tetra

Cara Budidaya Ikan Noen Tetra – Ikan Neon tetra merupakan salah satu jenis ikan hias yang sangat di kenali dan juga populer di kalangan masyarakat pecinta ikan hias. Ikan ini dapat di budidayakan dengan mudah dan juga sederhana. Selain itu, ikan ini juga sangat mudah di pelihara dan juga perawatannya.

2

Dalam melakukan budidaya atau perbanyakan ikan ini harus melakukan tahapan yang sudah di tentukan berupa pemilihan benih, pengelolahan media kolam, pemeliharaan baik, pengendalian hama dan penyakit, serta lainnya.  Untuk lebih jelasnya perhatikan cara budidaya berikut ini  dengan mudah dan sederhana.

Pemilihan benih

Pemilihan benih ini sangat penting di lakukan, karena sangat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan ikan neon tetra. Pemilihan benih di lakukan dengan cara :

  • Memilih benih berasal dari indukan berkualitas.
  • Memilih benih dengan pertumbuhan cepat.
  • Memilih benih bebas dari hama dan penyakit.
  • Memilih benih tidak abnormal ( tidak cacat )
  • Memilih benih memiliki gerakan lincah, bewarna terang dan juga nafsu makin tinggi.
  • Cara Pembenihan Ikan Neon Tetra

Pengelolahan Media Kolam

Pengelolahan  media kolam ini harus di lakukan dengan baik, untuk menghasilkan ikan neon tetra yang berkualitas dan pertumbuhan cepat. Pengelolahan ini dapat di lakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Pembuatan kolam ikan hias neon tetra ini biasanya menggunakan kolam yang terbuat dari semen.
  • Kolam ikan neon tetra ini memiliki luas 2-3 meter persegi bahkan lebih tergantung dengan pemilik.
  • Dalam pembuatan ini harus memperhatikan kenyaman dalam kolam, dan juga melakukan penyeterilan kolam dengan baik.
  • Kolam ini di buat dengan kedalaman 50-60 cm bahkan lebih, dan juga menggunakan aliran air atau pompa air yang baik.
  • Hal itu bertujuan untuk menghambat pertumbuhan dan perkembangan hama dan penyakit ikan.
  • Setelah melakukan pembuatan ini, sebaiknya diamkan beberapa hari sebelum melakukan penebaran ikan neon tetra.
  • Lalu setelah selang satu hari ingin melakukan penebaran sebaiknya masukan air dengan ketinggian sesuai kolam pembuatan.
  • Dan lakukan pemasangan aliran air atau pompa air di atas kolam atau di samping kolam.

Penebaran Ikan Neon Tetra

Dalam melakukan penebaran benih ikan neon tetra harus di lakukan dengan hati-hati agar tidak melukai badan atau bentuk dari ikan tersebut. Penebaran benih ini sekitar 200-300 benih tergantung kolam yang di butuhkan.  Jangan terlalu banyak penebaran dan jangan terlalu sedikit penebaran, bertujuan agar ikan dapat berkembang dengan baik.

Pemeliharaan Ikan Neon Tetra

Secara umum pemeliharaan ikan neon tetra ini sangat mudah dan juga sederhana, berupa pemberian pakan, pergantian air, pengendalian hama dan penyakit dan juga melakukan pengontrolan ikan.

Pemberian pakan benih ikan neon tetra biasa di lakukan 2 kali dalam sehari menggunakan pelet yang di haluskan, cacing halus dan juga kuning telur rebus. Pergantian air ini di lakukan 2-3 minggu setelah melakukan penebaran ikan neon tetra, agar tidak ada penumpukan sisa makanan yang menyebabkan penyakit.

Pengendalian hama dan penyakit ini harus di lakukan dengan cara melakukan pengawasan, pemberian nutrisi pakan, melakukan pembersihan kolam, melakukan perendaman larutan vaksinasi dan garam dan juga menjaga pH air tetap stabil.

Pemanenan Ikan Neon Tetra

Pemenenan Ikan neon tetra dapat di lakukan sesuai dengan ukuran mulai dari < 4 bahkan lebih, teragntung dengan varietes. Bahkan juga dapat bisa di panen ketika ikan sudah mulai mereproduksi sekitar 6-12 bulannya. Pemanenan ini dapat di lakukan dengan melakukan pemilihan ikan siap panen dengan jaring halus dan melakukan pemindahan ikan di wadah lainnya.

Baca juga : Hama dan Penyakit Ikan Neon Tetra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme