Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya Ikan Sepat Siam

Cara Budidaya Ikan Sepat Siam  – Budidaya ikan sepat rawa atau siam adalah salah satu usaha yang menjanjikan bahkan juga menguntungkan, banyak sekali para perikanan membudidayakan ikan sepat ini dengan baik dan benar namun ada juga yang tidak mengetahui sama sekali.

1

Namun, bagi pemula yang ingin membudidayakan dalam skala besar atau kecil harus memperhatikan panduan beternak atau budidaya ikan ini dengan baik dalam lokasi, pengelolahan kolam, pembesaran, pemeliharaan dan pengendalihan hama dan penyakit. Hal ini merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam budidaya ikan sepat siam atau rawa. Jika anda masih pemula atau senior yang sudah mengetahui cara budidaya dan ingin memaksimalkan hasil budidaya ikan sepatnya perhatikan langkah – langkah berikut cara budidaya ikan sepat dengan mudah dan sederhana.

Pemilihan lokasi

Pemilihan lokasi ini sangat penting dilakukan untuk menentukan hasil yang maksimal, diantara yaitu :

  • Jauh dari pemukiman warna, atau keributan
  • Jauh dari rawan banjir di sekitar area
  • Suhu lingkungan normal
  • Terkena cahaya matahari cukup

Pemilihan Indukan ikan sepat

Pemilihan indukan ikan sepat jantan dan betina ini harus dilakukan dengan cara pengamatan secara detainya yaitu :

  • Berasal dari indukan berkualitas
  • Sudah mampu memproduksi sel telur dan spermatozoa
  • Memiliki gerakan lebih lincah
  • Tidak abnormal ( pada bagian apapun )
  • Pertumbuhan relatif jauh lebih cepat

Pengelolahan media kolam

Pengelolahan media kolam ini sangat banyak sekali di gunakan mulai dari kolam beton, terpal dan media tanah lainnya. Namun, untuk lebih memudahkan peternak sebaiknya menggunakan media terpal yaitu dapat dilakukan dengan cara :

  1. Melakukan pencangkulan media tanah dengan kedalam mencapai 1-2 meter bahkan lebih dengan lebar 3-5 meter dan panjang mencapai  8-10 meter.
  2. Kemudian, siapkan media terpal dengan ukuran yang sesuai untuk lebih mempermudahkan dalam pembudidayakan ikan sepat.
  3. Lalu, sebelum memasukan bibit ikan sepat sebaiknya bersihkan terlebih dahulu terpal dengan menggunakan larutan air garam atau insektisida untuk menghindari ancaman berbagai macam penyakit datang sekitar 2-3 hari.
  4. Setelah itu, masukan media air dengan ketinggian mencapai permukaan sekitar 30-40 cm dan jangan sampai kepenuhan.
  5. Lalu masukan bibit ikan sepat yang sudah disediakan dan sudah dilakukan seleksi sekitar 50 ekor – 100 ekor ikan sepat perkolamnya.

Pemeliharaan ikan sepat

Pemeliharaan ikan sepat ini dapat dilakukan dengan cara melakukan sanitasi dengan baik, memberikan pakan ikan sepat dengan teratur sekitar 2 kali dalam sehari, mengatikan air dengan baik pada waktu yang berskala sekitar 2-3 minggu, dan melakukan pengendalian hama dan penyakit dengan baik.

Pemanenan ikan sepat

Pemanenan ikan sepat ini pada umumnya dilakukan sekitar 3-4 bulan tergantung dengan jenis dan varietesnya. Pemanenan ini dapat dilakukan dengan baik pada sore dan pagi hari, yang dilakukan dengan cara menguras air atau menjaring ikan secara bertahap dengan hati – hati tanpa merusak kualitas pada ikan sepat.

Baca juga :

Demikanlah mengenai cara budidaya ikan sepat semoga dapat mengaplikasi dan juga menerapkan bagi para pembudidaya ikan sepat siam, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme