Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Membasmi Rayap Pada Tanaman Pertanian dan Perkebunan

Cara Membasmi Rayap Pada Tanaman Pertanian Dan Perkebunan – Rayap seringkali dijumpai di lahan-lahan kering seperti tegal atau ladang dengan sarang berkoloni yang sangat banyak jumlahnya. Satu rayap mungkin tidak terlalu mengganggu, namun jika sudah ribuan rayap menyerang lahan pertanian bisa mengancam hasil panen perkebunan seperti kopi, pete hingga pertanian cabai, terung dan lain-lain.

cara membasmi rayap lahan pertanian dan perkebunan

Nah, berikut ini adalah Cara Membasmi Rayap Pada Tanaman Pertanian Dan Perkebunan yang mudah diaplikasikan. Selamat membaca…

Baca:  Pencegahan dan Penanganan Penyakit Milk Fever Pada Sapi Perah

1. Cara Membasmi Rayap Pada Tanaman Pertanian Dan Perkebunan dari pengolahan tanah

Pengolahan tanah seperti membajak ataupun mencangkul tanah, dapat mengendalikan hama rayap karena membuat sarang-sarang rayap di bawah lapisan taha menjadi hancur. Sehingga rayap akan keluar dari sarang dan memudahkan hewan predator rayap seperti burung atau semut dapat memakan rayap dan mengurangi populasi rayap.

2. Cara Membasmi Rayap Pada Tanaman Pertanian Dan Perkebunan alamiah

Dengan menggunakan beberapa jenis jamur patogen tertentu, maka akan lebih mudah mengendalikan hama rayap di lahan pertanian. Jamur seperti Aspergillus sp., Fusarium sp, Metarhizium anisopliae, serta Myrothesium sp dan Beauveria bassiana merupakan pembasmi alami yang cukup ampuh. Cukup disemprotkan di lahan pertanian, maka koloni rayap akan mati. Hal ini dikarenakan sifat kanibalisme pada rayap sehingga lebih mudah membasmi rayap dengan cara infeksi jamur.

3. Cara Membasmi Rayap Pada Tanaman Pertanian Dan Perkebunan pestisida alami

Membuat sendiri pestisida alami dari ekstrak daun pepaya dan daun mimba dipercaya efektif sebagai Cara Membasmi Rayap Pada Tanaman Pertanian Dan Perkebunan tanpa perlu mencemari lingkungan dengan pestisida kimia. Ekstrak pestisida alami ini disemprotkan pada tanaman di lahan pertanian dan perkebunan untuk mengendalikan populasi rayap yang mengganggu.

4. Cara Membasmi Rayap Pada Tanaman Pertanian Dan Perkebunan dengan perangkap khusus

Cara efektif lain yang bisa dicoba adalah dengan perangkap khusus. Cara Membasmi Rayap Pada Tanaman Pertanian Dan Perkebunan dengan cara perangkap atau teknik umpan ini memanfaatkan kertas tisu yang sudah digulung kemudian dicelup ke dalam larutan hexalflumoran. Lalu, gulungan tisu yang sudah dicelup pada laurtan hexalflumoran ditanam di bagian-bagian tertentu di dalam tanah yang sering menjadi sarang rayap atau jalur perlintasan koloni rayap. Rayap-rayap yang akan mencium aroma maupun terkena larutan hexalflumoran sebenarnya tidak mati, namun akan merasa pusing dan terganggu sistem navigasi sehingga sulit untuk menemukan jalur semula. Ditambah lagi, sifat rayap yang menyebarkan ke rayap lain akan membuat koloni mereka terpecah sehingga kesulitan bertahan hidup.

Baca Juga: 

Di samping beberapa Cara Membasmi Rayap Pada Tanaman Pertanian Dan Perkebunan yang kami sampaikan di atas, tentu saja ada banyak pilihan lain termasuk memakai pembasmi serangga dari bahan kimia. Namun, resikonya bisa merusak lingkungan dan mencemari udara di sekitar lahan pertanian. Selamat mencoba metode di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme