Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Jenis dan Contoh Tanaman Untuk Taman Vertikal Garden

Jenis Dan Contoh Tanaman Untuk Taman  Vertikal (Vertikal Garden) –  Keterbatasan lahan ataupun lahan sempit di kalangan masyarakat urban, bukanlah hal yang baru. Umumnya, masyarakat perkotaan memang tidak memiliki lahan yang luas untuk media tanam ataupun sekadar untuk taman dan tidak memiliki kebun belakang rumah. Akan tetapi, hal ini tidak lantas membuat masyarakat urban kehilangan semangat untuk tetap melakukan hobi bertanam.

1

Salah satu metode bertanam di lahan sempit adalah tanam vertikal atau vertikal garden. Dahulu mungkin metode tanam vertikal masih belum populer, akan tetapi setelah beberapa tahun belakangan, konsep tanam vertikal atau taman tegak menjadi hits dan dijadikan alternatif untuk penghias rumah idaman.

Apa itu tanam vertikal atau taman tegak? Hal ini adalah sebuah cara yang mengharuskan tanaman di tanam dengan cara tegak atau vertikal. Jika biasanya, tanaman di tanam di lahan dengan cara berjajar atau berbaris, maka dengan tanam vertikal, tanaman disusun dari atas ke bawah. Biasanya, memakai sebilah tiang terbuat dari pipa PVC/paralon maupun kayu.

Baca: Tips dan Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor

Bagi masyarakat perkotaan yang tidak memiliki lahan luas untuk berkebun, sangat cocok menerapkan konsep tanam vertikal untuk mempercantik halaman rumah. Inilah beberapa Jenis Dan Contoh Tanaman Untuk Tanam Vertikal (Vertikal Garden) yang bisa dipilih:

Jenis Dan Contoh Tanaman Untuk Tanam Vertikal (Vertikal Garden)

1. Kuping gajah

Kuping gajah biasanya memiliki daun-daun bergaris putih yang lebar dan sangat cantik. Namun, pada varian terbaru memiliki jenis daun yang lebih kecil.

2. Begonia

Menanam Begonia, membutuhkan banyak paparan sinar matahari agar bisa tumbuh baik. Akan tetapi, jika mendapatkan sinar matahari selama 2 jam setiap hari saja sudah cukup. Bunga Begonia sangat cantik dengan warna-warna yang indah dan merambat di permukaan dinding rumah ataupun gedung. Sebagai penghias taman vertikal Begonia akan menjadi primadona dan pusat perhatian mata di dalam taman vertikal atau vertical garden.

3. Lipstick plant

Sifatnya yang tidak membutuhkan media tanam seperti tanah terlalu dalam membuat lipstick plant sangat cantik dijadikan tanaman secara vertikal.

4. Sirih merah

Sirih merah sangat cantik dijadikan tanaman untuk taman vertikal. Selain itu, daun sirih merah juga sangat dicari orang untuk berbagai macam obat segala penyakit.

5. Soapwort

Soapwort umumnya membutuhkan banyak paparan sinar matahari agar bisa berkembang, sangat cantik ditanam di perkantoran atau gedung-gedung menjulang secara vertikal dengan kondisi merambat di permukaan dinding.

6. Lili paris

Lili paris memiliki daun kecil yang bergaris putih dengan semburat kekuningan. Dari segi perawatan, tidak terlalu merepotkan dan lebih tahan terhadap sinar matahari. Akan tetapi, lili paris akan tumbuh lebih maksimal apabila ditempatkan di daerah yang ternaungi dari paparan sinar matahari.

Baca Juga:

Ingin memiliki Jenis Dan Contoh Tanaman Untuk Tanam Vertikal (Vertikal Garden)? Selamat berkebun…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme