Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Membuat Tempat Minum Ternak Kelinci Sendiri

Cara Membuat Tempat Minum Ternak Kelinci Sendiri – Ternak kelinci merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan,  bahkan juga memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Dalam beternak kelinci agar memerhatikan cara budidaya dan beternak dengan benar dan tepat untuk menghasilkan produktivitas tinggi.

1

Dalam hal ini, harus memperhatikan manajemen perkandangan, lokasi dan juga peralatan kandang seperti tempat minum ternak kelinci.  Tempat minum ternak kelinci ini sangat mempengaruhi pertumbuhan kelinci, oleh sebab itu hal ini harus di ambil dengan serius. Dalam penanganan ini, sebaiknya para peternak membuat tempat minum sendiri atau alternatif untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk itu, perhatikan ulasan berikut cara membuat tempat minum ternak kelinci dengan mudah dan sederhana dilakukan diantaranya adalah :

Bahan yang diperlukan :

  • Botol kemasan air mineral ( dalam bentuk apapun ), namun usahakan yang plastik
  • Lem bakar ( banyak ditemukan di toko elektronik )
  • Benang sepatu atau benang jahit besar
  • Pipa alumunium bekas atau baru
  • Pipa plastik atau selang plastik
  • Biji tasbi bekas atau lainnya berlubang dibagian tengah.

Cara membuat :

  1. Buatlah rangkai atau rancangkan biji tasbis dengan benang sepatu dan selang kecil yang sudah di potong dengan memasukannya kedalam lubang dalam tasbih tersebut hingga membentuk gantungan kunci.
  2. Lalu siapkan pipa yang sudah dipotong dengan panjang 5-6 cm dan lakukan penghalusan dengan baik agar tidak melukai mulut ternak kelinci dengan menggunan kertas pasir halus atau lainnya.
  3. Kemudian masukan rangkai atau rancangan yang tadi kedalam pipa hingga biji tasbi tampak keluar pada bagian permukaannya.
  4. Lalu pasangkan rangkaian tersebut kebotol kemasan dengan melubangi bagian atas sesuai dengan pipa plastik tersebut dan lakukan pengeleman dengan lem bakar yang sudah disediakan.
  5. Setelah itu, diamkan beberapa jam tunggu hingga lem kering dan langsung bisa digunakan untuk tempat minum ternak kelinci anda.

Baca juga :

Informasi tambahan :

  • Dalam pembuatan tempat minum ini, sebaiknya harus memperhatikan kondisi botol plastik bersih atau kotornya karena sangat memicuhnya berbagai penyakit akan datang pada minuman ternak kelinci.
  • Penggunaan botol plastik harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu bocor atau tidak sebelum di gunakan.
  • Pemberian minuman ini, harus di imbangi dengan nutrisi dan vitamin untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih maksimal.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme