Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Memilih Bibit Kelinci Berkualitas

Cara Memilih Bibit Kelinci Berkualitas – Pemilihan bibit atau benih ini dilakukan untuk menghasilkan produktivitas meningkatkan dan juga memiliki pertumbuhan yang cepat. Pemilihan ini dilakukan dengan baik, dikarenakan sangat mempengaruhi hasil yang akan di proleh. Pemilihan ini sebaiknya dilakuka sebelum pembudidayaan atau beternak kelinci di mulai.

1Pemilihan ini sebaiknya dilakukan secara manual dan juga langsung, dengan pengamatan anda secara detailnya. Pemilihan bibit kelinci ini terdiri dari dua macam yaitu Internal ( bagian dalam ) dan Eksternal ( bagian Luar ). Jika belum memahami cara pemilihan bibit kelinci dengan maksimal, simak berikut cara pemilihan bibit kelinci berkualitas dan mudah dilakukan.

a. Pemilihan Internal

Pemilihan bagian dalam ini juga sangat penting dilakukan untuk mendapatkan hasil produksi yang maksimal dan bagus. Pemilihan internal ini dapat dilakukan sebagai berikut.

1. Keturunan ( genetik )

Faktor keturunanan juga sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kelinci, bahkan juga kualitas yang di hasilkan. Dengan mengatahui bibit dari keturunan yang berkualitas, akan mempercepat anda melakukan perbanyakan kelinci dengan mudah.

2. Kesehatan

Faktor kesehatan sangat penting juga diketahui, bertujuan agar mengetahui sehat atau tidaknya kelinci sebelum di lakukan perbanyakan. Kesehatan ini bisa dilakukan dengan melihat kondisi fisik, tingkah laku, dan juga pemeriksaan suhu badan. Selain itu, juga melakukan pengecekan kesehatan dengan berbagai alat agar mengetahui kelinci dalam keadaan terserang penyakit atau abnormalitas.

Jenis – jenis Kelinci Hias Budidaya

3. Produksi Tinggi

Dengan bibit yang berasal dari indukan berkualitas pastinya memiliki produktivitas tinggi. Sebaiknya memilih bibit yang memiliki produktivitas yang tinggi dan maksimal. Hal tersebut akan mempercepat perbanyakan kelinci.

b. Pemilihan Eksternal

Pemilihan bagin luar ini hanya mengatahui fisik dan juga tingkah laku pada kelinci. Namun, ada beberapa pemilihan eksternal yang harus di ketahui yaitu antara lain.

1. Kepala

Bagian kepala ini harus sesuai dengan ukuran badannya, hal tersebutlah menentukan bibit yang sangat bagus dan berkualitas. Kepala pada kelinci ini berbentuk oval besar, dan juga memiliki leher pendek dan juga di lapisi dengan bulu, serta memiliki kumis di bagian mulutnya.

2. Kaki

Bagian kaki ini harus di lihat dengan detail, bertujuan untuk mengetahui kecacatan atau abnormal pada kelinci. Pemilihan ini dilakukan dengan memperhatikan jalannya, melompat, dan juga pergerakannya. Selain itu, perhatikan juga bagian kaki belakang dan depan apakah sudah sesuai dengan karakternya atau tidak. Kaki pada kelinci ini memiliki ukuran 4-5 cm membengkok, dan dilapisi dengan bulu halus.

3. Badan

Bagian badan juga harus di perhatikan untuk mendapatkan bibit yang berkulaitas, badan pada kelinci berbentuk bulat memanjang, memiliki kepadatan dagingnya, dan memiliki dada yang lebar. Pada bagian dada ini biasanya di lapisan bulu halus berwarna tergantung varietesnya. Badan yang bagus tidak memiliki kecacatan pada bagian punggung, dada, dan juga lainnya.

4. Telinga

Bagian telinga ini harus juga diketahui untuk menentukan kualitas pada kelinci, bagian telinga kelinci ini harus seimbang dan sejajar, memiliki ukuran yang sama, dan juga tidak kebawah melainkan jenis kelinci fujilop. Telinga kelinci ini memiliki bentu meruncing bagian pangkal, dan juga memiliki panjang 2-3 cm bahkan lebih tergantung dengan varietesnya.

5. Mata

Bagian mata harus di ketahui juga bagus atau tidaknya, mata yang bagus memiliki mata yang cerah berwarna kemerahan, tidak belekan atau terserang penyakit mata, tidak berair, dan juga berbentuk bulat. Mata pada kelinci ini memiliki diameter yang hampir menyerupai kelerengan dan juga di lapisi dengan bulu mata yang tipis.

6. Bulu dan ekor

Terakhir bulu dan ekor kelinci juga harus diketahui berkualitas atau tidaknya, bulu kelinci pada umumnya lembut, berguguran, memiliki warna yang sangat beragam mulai dari hitam, putih, abu-abu dan lainnya. Selain itu, bagian ekor pada kelinci ini memiliki panjang 2-3 cm, bentuk memanjang, dan tidak melengkung.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme