Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Cara Mengatasi Hama Wereng Pada Tanaman Padi

Cara Mengatasi Hama Wereng Pada Tanaman Padi | Membasmi Hama Wereng Padi – Hama wereng adalah salah satu hama yang sangat diwaspadai dan ditakuti oleh petani padi. Hama ini akan mengakibatkan kerusakan tanaman, produksi menurun dan bahkan mengakibatkan kegagalan dalam panen.

Baca: Pengertian dan Defenisi Inseminasi Buatan (IB) Pada Hewan

Bukan hanya itu, hama wereng juga akan mengakibatkan tanaman menjadi kuning dan tanaman padi akan mati. Oleh sebab itu, cara untuk menanggani hama wereng harus tepat dan benar sehingga hama wereng tidak menyerang tanaman padi. Ada beberapa cara mengatasi hama wereng dengan tepat dan ampuh, namun perlu diketahui terlebih dahulu jenis hama wereng yang menyerang tanaman padi.

Jenis Jenis Hama Wereng

  • Wereng coklat (Nilaparvata lugens) : menyerang tanaman masih muda menjadi kuning, kering dan bahkan tanaman terserang akan mati.
  • Wereng hijau (Nephotettix spp) : hama ini akan menyebaran virus tungro yang akan menyebabkan produktivitas tanaman padi akan menurun dan bahkan akan mengakibatkan gagal panen
  • Wereng punggung putih (Sogatella furcifera) : hama ini memiliki ukuran yang relatif kecil, dan apabila tanaman padi terserang akan langsung mati. Hama ini menghisap batang padi.
  • Wereng loreng (Wereng zigzag) : hama ini akan menyebabkan tanaman padi mati dan juga mengakibatkan gagal panen. Hama ini berukuran kecil dan berbentuk zigzag.

Cara Mengatasi Hama Wereng Tanaman Padi.

1. Mengunakan Insektisida dan Pestisida

Inseksitida adalah salah satu cara yang paling ampuh mengatasi dan membasmi hama wereng. Insektisida tersebut dapat disemprotkan secara langsung ke tanaman atau sekitar tanaman. Insekitisida yang ampuh mengatasi wereng adalah bahan aktif Applaud dengan formula EC, WP, dan F, Bahan aktif Imidakloprid (confdor, winder dan lain-lain), Bahan aktif BBMC (Bassa, Baycarb, Dharmabas dan Kiltop), bahan aktif MIPC (Mipcin, Mipcindo, Mipcinta, dan Micarb), Bahan aktif fipronil (Regent), Bahan aktif Klorantranuliprol dan tiamteksam.

2. Menggunakan Insektisida dan Pestisida alami

Biasanya menggunakan bahan dari daun sirsak, daun tembakau dan sabun colek serta air. dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Menghaluskan daun sirsak, dan tembakau hingga halus.
  2. Campurkan bahan tersebut dengan sabun colek.
  3. Kemudian, endapkan bahan tersebut didalam hari selama satu malam
  4. Jika sudah, encerkan bahan tersebut dengan air 50 – 60 liter dan lakukan penyaringan.
  5. Jika sudah, semprot larutan tersebut ke tanaman padi secara perlahan –lahan.

3. Pencegahan hama wereng

  • Membersihkan gulma, atau tamanan yang menganggu tanaman padi
  • Menghindari penggunakan pestisida atau insektida tidak tepat
  • Menggunakan varietes tanaman padi unggul, seperti IR-50, IR-64 dan sebagainya.
  • Melakukan pemupukan dengan tepat, seperti NPK, SP36 dan sebagainya.
  • Menggunakan perangkap caha waktu malam untuk menghindari penyerangan hama wereng

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Cara Mengatasi Hama Wereng Tanaman Padi. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme