Cara Membuat Perangkap Lalat Buah dengan Mudah

Diposting pada

Membuat perangkap lalat buah dari sampah botol air mineral? Sulit tidak ya?. Hmm, bagia anda yang berprofesi sebagai petani buah tentunya akan cukup di buat jengkel bila saat tanaman yang anda tanam tengah berbuah dengan lebatnya tidak tahunya terdapat banyak buah yang kemudian membusuk akibat serangan hama lalat buah. Selain dengan menggunakan metode pembrongsongan atau pembungkusan buah, alat perangkap juga dapat di aplikasikan untuk meminimalisir dampak serangan lalat pada buah yang sedang di budidayakan.

Prinsip kerja dari alat ini yakni untuk mengundang lalat jantan dengan suatu atraktan yang mempunyai bau khas agar dapat masuk ke dalam perangkap sehingga menurunkan jumlah peredaran lalat sekaligus meminimalisir terjadinya perkawinan lalat jantan dengan lalat betina. Atraktan yang banyak beredar yakni misalnya merk petrogenol yang merupakan buatan dari salah satu pabrik kimia yang ada di Gresik.

Baca: Cara Membuat Perangkap Hama Tikus Sawah

Alat dan Bahan

Siapkanlah peralatan dan alat-alat yang di perlukan yakni antara lain:

  • Lakban
  • Kawat ikat
  • Tang potong
  • Kapas
  • Pisau cutter
  • Gunting
  • Botol bekas air mineral ukuran 1500 ml
  • Cairan atraktan lalat buah seperti Petrogenol

Langkah Membuat Perangkap Lalat Buah 

  1. Potonglah badan botol di bawah leher setelah bagian lengkungan botol, gunakan alat cutter atau gunting untuk memotongnya. Kemudian lepaskan tutup botol.
  2. Potongan ini nantinya akan di pasang kembali pada badan botol namun dengan posisi yang terbalik sebagai lubang masuk lalat sekaligus juga
  3. Sebelum di pasang, pasangkanlah tali kawat pengikat di tengah botol. Jika sampai perangkap mudah untuk Pada ujung yang nantinya terletak di area dalam botol buatlah kaitan untuk space tempat kapas.
  4. Setelah itu teteskanlah larutan atraktan lalat buah (petrogenol) pada kapas tadi hingga basah. Setelah kawat yang berfungsi sebaga pengikat terpasang, terakhir yakni pemasangan mulut botol secara terbalik, kuatkanlah dengan lakban sebanyak beberapa kali putaran.
  5. Karena cairan yang di pakai termasuk cairan kimia yang berbahaya, maka sangat di anjurkan untuk menggunakan sarung tangan dan penutup hidung ketika sedang membuat perangkap ini Selain itu cucilah tangan dengan air yang banyak seusai melakukan kegiatan ini.
  6. Perangkap lalat buah siap untuk Larutan atraktan mampu bertahan sekitar 4 minggu, hingga pengisian ulang pada media kapas bisa di lakukan kembali bila di perlukan setelah massa tersebut. Jika wadah atraktanya sudah habis, maka anda tidak boleh membuangnya dengan sembarangan karena bisa mencemari lingkungan. Tanam di kedalaman tanah dan jauhkanlah dari sumber air untuk menghindari pencemaran air.

Baca Juga:

Kiranya, itulah artikel singkat kami tentang cara mudah membuat perangkap hama lalat buah. Semoga bisa bermanfaat dan dapat membantu anda untuk mengatasi hama lalat buah yang sedang menyerang lahan atau perkebunan buah anda. Terimakasih, sampai jumpa lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.