Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Jenis Rumput Pakan Yang Disukai Ternak Sapi

Jenis Rumput Pakan Yang Disukai Ternak Sapi – Pakan untuk ternak sapi bisa dibedakan menjadi dua macam yakni pakan serat dan konsentrat ataupun pakan penguat. Kacang-kacangan atau legum, rumput dan juuga limbah pertanian (tanamanan pangan) termasuk sumber pakan seratyang baik  bagi sapi. Kualitas pakan tersebut sejatinya dipengaruhi oleh umur tanaman, apabila hijauan tanaman pakan dipanen saat umur tua maka kualitas dari hijauan tanaman relatif rendah.

Jenis rumput unggulan yang dipakai sebagai pakan ternak untuk penggemukan sapi:

Baca: Cara Mengatasi Antraknosa Pada Tanaman Cabe

  1. Rumput Benggala atau bisa disebut Panicum Maximum. Merupakan rumput kesukaan sapi ternak dan mempunyai gizi yang bagus. Tinggi dari rumput benggala bisa mencapai 2 meter.
  2. Rumput Gajah Hawai atau Pennisetum Purperium. Juga termasuk jenis rumput yang disukai oleh sapi ternak serta mempunyai daya produksi yang tinggi. Tinggi dari rumput gajah juga bisa setinggi 2 meter.
  3. Setaria atau Sphacelata. Selain termasuk kedalam kategori rumput kesukaan sapi ternak, juga merupakan rerumputan yang tahan kering. Rumput setaria mampu tumbuh tinggi hingga mencapai 1,5 meter.
  4. Rumput Raja atau King Grass. Adalah rumput yang tumbuh dari hasil persilangan rumput gajah. Namun mempunyai jumlah produksi yang lebih tinggi dibanding rumput jenis gajah. Selain itu rumput raja juga tak berbunga.

Jenis Tanaman Legum atau kacang-kacangan yang dipakai untuk pakan ternak yang bisa menggemukan sapi:

  1. Lamtoro (Leucaena Leucocephala). Adalah tanaman yang mempunyai berbagai fungsi. Selain termasuk pakan kesukaan ternakan sapi juga kaya akan sumber protein yang dibutuhkan oleh sapi ternak. Dalam pemberiannnya ke sapi, lamtoro dipakai sebagai pakan campuran.
  2. Gamal (Gliricidea Maculate). Adalah legum pohon yang biasa ditanam untuk tanaman pagar. Mempunyai daun yang sangat baik bagi pertumbuhan sapi ternak. Namun, sebelum disantap menjadi pakan sapi ternak, sebaiknya daun dilayukan terlebih dulu.
  3. Desmodium (Desmodium Rinsonii). Adalah legum pohon yang berdaun bulat. Desmodium mempunyai kandungan protein kebutuhan sapi ternak yang cukup tinggi serta pakan kesukaan bagi sapi ternak.
  4. Kaliandra adalah legum pohon yang ditanam untuk dijadikan campuran pakan rumput ternak serta penambah kadar protein pakan sapi ternak.
  5. Centro (Centrocema Pubescens). Merupakan legum yang tumbuhnya menjalar dan menutupi tanah.

Kemudian untuk limbah pertanian, tanaman pangan yang bisa dipakai sebagai pakan sapi ternak contohnya yakni jerami jagung, jerami kacang, jerami padi. Akan tetapi kualitas dari limbah pertanian tanaman pakan semisal ini lebih rendah dibandingkan dengan rumput terkecuali untuk limbah kacang-kacangan.

Baca Juga:

Sedangkan pakan konsentrat atau pakan penguat sapi ternak dibutuhkan dalam kuantitas yang lebih sedikit dari pakan serat. Pemberian konsentrat ke sapi ternak hanya sebagai pelengkap kebutuhan zat gizi. Contoh dari pakan konsentrat tersebut yakni dedak jagung, bungkil kacang tanah, dedak padi, bungkil kelapa, bungkil kedelai, bungkil biji kapok dan ampas tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme