Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Cara Mengobati Kucing Mencret Atau Diare

Cara mengobati dan mengatasi kucing mencret atau diare – Mungkin kamu sudah tahu bahwa kucing merupakan salah satu hewan yang gampang terserang penyakit, khususnya penyakit pada organ pencernaan. Biasanya penyakit sistem pencernaan sikucing yang sering ditemukan yakni mencret atau diare. Lebih parahnya lagi, ada pula kucing yang terserang mencret disertai dengan lemas, muntah-mantah, bahkan sampai dengan berdarah! Duh, saya aja jika terkena diare gak mau, apa lagi si kucing yang bisa sampai mencret berdarah gitu ya.

Lantas, apakah ciri-ciri kucing yang sebenarnya sedang terkena mencret?

Untuk gampangnya, poop kucingmu kan biasanya berbentuk padat, nah jikalau sedang terkena diare poop nya seketika jadi encer. Terus ciri-ciri lainnya yakni si kucing lebih gemar buang air dibandingkan dengan biasanya. Untuk mengetahui gejala diare pada kucing intinya hampir sama dengan diare manusia kok, cuman bedanya untuk si kucing kan dia gak bisa ngomong “aku lagi diare nih” hehehe.

Baca: Cara Mengobati Sakit Mata Pada Kucing Persia Anggora

Kalau sudah tahu ciri-cirinya, kamu harus tahu pula penyebab kucing mencret. Dalam kasusnya, penyakit mencret pada kucing sendiri dapat dikategorikan dalam 2 tingkatan yakni tingkat ringan dan juga tingkat berat.

Cara Mengobati dan mengatasi Kucing Mencret atau diare:

  1. Yogurt (hanya ketikasedang mencret)

Cobalah kamu berikan dia Yogurt, kenapa? Karena didalam Yogurt tergantung banyak bakteri baik semisal Lactobacillus, dimana bakteri ini masuk kedalam kategori non patagon. Menurut para ahli kesehatan, bakteri ini cukup baik untuk usus dan dapat membantu pencernaan dalam tubuh. Berikanlah sebanyak 1-2 sendok teh saja per hari.

  1. Oralit khusus untuk hewan

Sekarang ada juga oralit khusus hewan lho, obat oralit ini biasanya tersedia di Pet Shop sekitar Anda. Cobalah pergi dan tanyakan kepada penjualnya, kemudian tanyakan pula juga saran untuk penggunaan obatnya.

  1. Multivitamin

Multivitamin kucing yang kayak gimana ya? Hmm yang pasti harus baik untuk kucing. Kamu bisa membeli multivitamin kucing ini di Pet Shop. Selain untuk mengobati kucing yang sedang mencret, multivitamin ini juga dapat berfungsi untuk pencegahan penyakit.

  1. Memberi obat cacing

Coba berikan obat cacing ke si kucing, bisa saja kucingmu itu sedang terkena cacingan. Soalnya cacing ini dapat menyebabkan diare pada si kucing.

  1. Memberikan panganan tempe

Ternyata tempe juga dapat dipakai untuk mengobati penyakit diare pada kucing lho, saran saya beli lah tempe yang masih mentah dan kemudian segera masak. Kalau bisa kamu rebus supaya kandungan gizinya tidak berkurang banyak.

 Baca Juga:

Cara diatas sudah cukup banyak yang mencobanya untuk mengobati kucing mencret yang masih tergolong ringan. Nah untuk diare atau mencret yang sudah masuk dalam kategori berat yakni kucing mencret muntah, atau kucing mencret berdarah, ataupun kucing mencret berlendir dan lain lain sebagainya, kami sarankan agar segera dibawa ke dokter hewan sebelum terlambat. Semoga bermanfaat.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme