Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Ciri Ciri Indukan Sapi Yang Bagus

Ciri Ciri Indukan Sapi Yang Bagus – Indukan sapi yang unggul dan berkualitas memang sangat penting diketahui karena akan sangat menentukan hasil produktivitas dari ternak tersebut. Bukan hanya itu, dapat mempercepat kemampuan reproduksi sehingga menghasilkan anak yang bagus dan berkualitas.

1

Indukan yang bagus dari jantan dan betina harus di perhatikan mulai dari genetik dan postur tubuhnya dengan begitu akan mempermudahkan dalam menentukan tanda dan ciri sapi jantan dan betina yang bagus dan unggul. Ada beberapa ciri dan tanda untuk menentukan indukan yang bagus dan berkualitas.

Baca :  Pemanfaatan Kulit Kopi Untuk Pakan ternak

Berikut ini adalah ciri  ciri dan tanda  indukan yang berkualtas dan bagus sangat baik untuk bakalan indukan dalam peternakan diantaranya adalah.

  1. Memiliki warna yang sesuai dengan jenis dan varietesnya, misalnya jenis PO ( Peranakanan ongole ) memiliki warna putih, jenis sapi bali memiliki warna merah bata, sapi madura memiliki warna kecoklatan, dan jenis sapi limousin merah bata dan kecoklatan hingga kehitaman.
  2. Memiliki bentuk dan ukuran yang relatif besar dan sesuai dengan kriteria yang di cari.
  3. Tidak adanya kecacatan atau abnormal di bagian apapun, karena akan sangat mempengaruhi produktivitas sapi yang akan di kembangkan atau di budidayakan.
  4. Dalam kondisi sehat, seperti nafsu makan tinggi, mata bersinar cerah, gerakan lincah baik jantan dan betina dan bebas dari penyakit atau hama yang menyerang indukan sapi.
  5. Pertambahan bobot badan selalu meningkat pada umur yang sudah ditentukan.
  6. Indukan betina yang ideal biasanya berumur 18 – 24 bulan dengan ditandai bunting yang pertama, kemudian sudah di keluarkan atau beranak 2- 3 kali.
  7. Indukan jantan yang ideal biasa berumur 18 bulan yang si tandai dengan bentuk dan ukuran yang besar, reproduksi spermatozoa bagus, dan sudah mampu mengawini indukan betina.
  8. Dan indukan jantan juga ditandai dengan mampunya mengawini indukan betina lebih dari satu, serta melakukan afkir indukan jantan sekitar umur 5 -6 tahun karena spermatozoa yang dihasilkan tidak bagus lagi.
  9. Tingkat berahi betina jauh lebih tinggi dan libido juga tinggi pada indukan jantan.
  10. Indukan yang paling bagus tidak memiliki bentuk dan kriteria yang terlalu gemuk, karena kemungkinan gemuk pada indukan betina lebih cendrung mengalami mandul atau majer.

Jika sudah melakukan pemilihan indukan yang berkualitas dan bagus, indukan sapi sebaiknya dilakukan dengan manajemen perawatan yang bagus mulai dari peralatan, kandang, pakan dan pemberian nutrisi untuk mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan hasil produktivitas baik daging dan susu.

Baca juga :

Demikianlah ulasan tentang ciri – ciri dan tanda indukan sapi yang bagus, semoga informasi yang kami berikan berguna dan bermanfaat.

Incoming search terms :

  • Tanda – tanda indukan sapi bagus
  • ciri – ciri indukan berkualitas
  • Kriteria indukan sapi bagus
  • Tanda dan ciri indukan sapi berkualitas
  • Indukan sapi bagus dan berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme