Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Tanda dan Ciri Kucing Bunting

Tanda dan Ciri Kucing Bunting – Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sudah banyak dikenal di kalangan berbagai masyarakat, kucing memiliki beberapa spesies yang menyebar di belahan dunia. Terutamanya kucing yang sering dikenal dan cukup mahal adalah kucing peliharaan seperti America curl, America bobtail dan juga jenis kucing lainnya.

1

Dalam masa atau fase bunting ( kehamilan ) seekor kucing pasti akan memiliki tanda dan ciri yang berubah mulai dari ciri fisik maupun tingkah laku yang di miliki kucing. Pada dasarnya, kucing memang banyak dan beragam namun kehamilan kucing hampir sama semua yang mengalami perubahan fisik maupun tingkah laku. Berikut tanda dan ciri kucing sedang hamil atau bunting.

1. Bagian perut mulai membesar

Kucing yang sedang hamil akan terlihat besar dibagian perutnya sekitar umur kehamilan mencapai 5 minggu. Bagian perut ini akan terus membesar hingga masa kelahiran sudah mulai datang.

2. Puting susu memerah atau membesar

Bila sudah terjadi perubahan pada kucing pada bagian puting, makan kucing sedang mengalami kehamilan yang sudah tampak jelas. Puting akan mengalami perubahan menjadi besar, kemerahan, dan juga bahkan akan mengeluarkan cairan susu.

3. Keluarnya susu

Selain puting membesar dan memerah puting akan mengeluarkan kan susu sekitar 2-3 minggu akhir masa kehamilannya. Namun jika terjadi pemencetan secara halus pada bagian tersebut, akan mengeluarkan cairan susu.

4. Mengalami muntah – muntah

Kehamilan atau kebuntingan kucing akan terjadi juga kejadian yang jarang diketahui banyak orang, bahwa kucing yang sedang muntah akan mengalami kehamilan awal. Hal ini hampir sama dengan manusia, yang akan terjadi pada kehamilan awal akan mengalami muntah – muntah juga.

5. Siklus berahi berhenti

Siklus berahi atau estrus biasanya dalam fase kehamilan akan mulai mengalami penghentian, apalagi pada hewan peliharaan kucing rata – rata panjang siklus berahi sekitar 1-1,5 bulan. Waktu siklus berahi atau estrus ini akan berlangsung selama 1 minggu, bila sudah dikawinkan siklus pada kucing akan berhenti tiba – tiba dan tidak minta atau mau dikawinkan lagi. Hal ini kemungkinan besar kucing sudah mengalami proses kehamilan awal.

6. Meningkatnya nafsu makan

Kucing yang sedang mengalami fase kehamilan atau bunting akan meningkatnya nafsu makan. Tentu dengan meningkatnya nafsu makan akan sangat baik, untuk kandungan atau janin kucing untuk memberikan nutrisi yang sangat cukup dan membantu fase kelahiran dengan efektif.

7. Gerakan lambat atau  mencari perhatian

Selama dalam fase kehamilan atau bunting pada kucing akan mengalami perubahan tingkah laku menjadi lebih perhatian dan memiliki gerakan yang sangat lambat dari biasanya. Hal ini biasanya dilakukan saat – saat tertentu, misalnya makan atau minuman dan diganggu dengan majikannya.

Baca juga :

Itulah ulasan mengenai tanda dan ciri kucing yang sedang mengalami kehamilan atau bunting, semoga informasi kami bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme