Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Bunga Tasbih (Canna indica)

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Tasbih (Canna indica)Bunga tasbih adalah jenis tanaman luar yang banyak di jumpai di hutan dan pegunungan, meskipun memiliki keindahan tersendiri bunga ini tidak dijadikan tanaman hias. Bunga tasbih biasanya digunakan sebagai obat herbal dan tradasional mulai dari bunga, daun, dan batang bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan.

Baca: Pengertian,Ciri-Ciri,Klasifikasi dan Contoh Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae)

Bunga tasbih memiliki nama lokal diantaranya disebut hosbe (Batak), ganyong hutan (Melayu), tasbih (Madura), milu-milu (Bali), bunga tasebe (Makasar & Bugis), tasupe (Ternate), ganyong wana, ganyol lueweung (Sunda), dan kela, kontas, totombe, wuro (Minahas). Bunga tasbih termasuk dalam keluarga Cannaceae dengan ordo Zingiberales yang memiliki nama latin Canna Indica.

Klasifikasi Bunga Tasbih

Secara umumnya, klasifikasi bunga tasbih dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Kingdom: Plantae

Divisi: Spermatophyta

Kelas: Monocotyledoneae

Ordo: Zingiberales

Famili : Cannaceae

Genus: Canna

Spesies: Canna Indica

Morfologi Bunga Tasbih

Morfologi bunga tasbih, dapat dilihat berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki sebagai berikut:

1. Akar

Ciri akar bunga tasbih memiliki sistem perakaran serabut (Adix adventicia),  dengan akar rimpang (rhizoma).

2. Batang

Ciri batang bunga tasbih memiliki percabangan monodial, batang berbentuk bulat (teres), permukaan batang rata (laeves), batang berdaging, batang mengandung air (herbaceous), batang mempunyai nodus, berwarna hijua dan terbentuk dari pelepah-pelepah daun yang saling menutupi satu sama lain sering disebut “batang palsu”

3. Daun

Ciri daun bunga tasbih adalah daun tunggal, tersusun dalam tangkai pendek dan tumbuh berselang-seling, berbentuk oval dengan ujung runcing, permukaan atas berwarna hijau, tembaga gelap atau keunggu-ungguan dan tulang daun menyirip (pennversis).

4. Bunga

Ciri bunga tasbih adalah bunga majemuk, berbentuk tandan (racemus) dan muncul pada ujung batang. Bunga tasbih termasuk bunga bisekxualis, benang sari 4 steril dan 1 fertil, bentuk lembaran mahkota disebut stamenidium. Putik berbentuk pipih, letak ovarium inferum terdiri dari 3 carpellum, 3 loculus, 3 ovulum, dan terdapat perhiasan bunga berupa corolla 3 petal ,epas dan calyx 3 sepal lepas.

5. Buah

Ciri buah bunga tasbih berbentuk bulat telur dan pada bagian luar terdapat duri lunak. Bijinya 4-5 buah dan berbentuk bulat.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Bunga Tasbih (Canna indica). Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

 

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme