Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Buah Naga

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Buah Naga – Buah naga merupakan tanaman buah yang masih dalam satu kelompok jenis kaktus, yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika selatan hingga menyebar luas hingga saat ini. Buah naga ini dapat tumbuh dengan baik  dengan suhu maksmimum 38 – 40 derajat celcius, dengan media tanah gembur dan subur serta banyak mengadung bahan organik didalam tanah.

1

Berdasarkan pakar botani, tanaman buah naga dapat di klasifikasi dan morfologi sebagai berikut.

Baca : Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot

Klasifikasi tanaman buah naga

Kingdom : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Subdivisi : Angiospermae

Kelas : Dicotyledonae

Ordo : Cactales

Famili : Cactaceae

Genus : Hylocereus

Spesies : Hylocereus cistericensi, Hylocereus undarus, Hylocereus polyrhizus, selenicereus megalanthus.

Morfologi tanaman buah naga

Tanaman buah naga dapat dimorfologikan dengan melihat berdasarkan ciri –cirinya sebagai berikut.

1. Akar

Akar tanaman buah naga memiliki panjang mencapai 20 – 30 cm, dengan mencapai kedalaman 50 – 60 cm, berwarna kecoklatan, dan tumbuh dengan berserabut. Perakaran tanaman ini dapat tumbuh dengan baik, walaupun kondisi tanah kering.

2. Batang

Batang tanaman buah  naga berbentuk segitiga, berwarna kehijauan dan memiliki duri – duri berwarna kehitaman dan batang bersifat sekulen ( banyak mengandung air ). Batang juga memiliki percabangan yang banyak sekitar 6- 10 cabang dengan warna yang sama yang berguna untuk menghasilkan cadangan makanan selama pertumbuhan dan perkembangan tanamanan buah naga. Duri – duri halus yang menempel di batang dan cabang, biasa terdapar sekitar 5 – 8 buah di sebuah titik tumbuh.

3. Bunga

Bunga tanaman buah naga hampir menyerupai kulit buah nanas, yang memiliki sisik – sisik di bagian mahkotanya. Berbentuk corong memanjang, dengan ukuran 30 cm bahkan lebih, mahkota berwarna kehijauan, kelopak berwarna merah, dan bagian dalam berwarna keputihan. Pada umumnya, bunga akan melakukan penyerbukan dengan bantuan angin maupun binatang sekitar.

4. Buah

Buah berbentuk hampir menyerupai nanas, yang memiliki sisik – sisik di bagian permukaan buah dan buah memiliki warna merah serta berdaging beragam tergantung dengan spesiesnya. Buah biasanya akan tumbuh di bagian pangkal batang maupun pertengahan batang.  Bagian dalam buah ini akan terdapat biji  yang berwarna kehitaman, dan mengkilap, buah ini memiliki rata – rata berat sekitar 400 – 800 gram / buahnya.

5. Biji

Biji buah naga berwarna hitam dengan bentuk bulat kecil, pipih dan sangat keras. Biji yang ada di dalam buah sekitar 1.000 bahkan lebih, tergantung dengan jenis dan varietes tanaman buah naga tersebut. Biji tanaman buah naga digunakan untuk perbanyakan tanaman secara generatif, tetapi cara tersebut jarang digunakan karena memakan waktu.

Baca juga :

Demikianlah ulasan tentang klasifikasi dan morfologi tanaman buah naga, semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme