Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Panduan Budidaya Ternak Ayam Kampung Agar Menguntungkan

Panduan Mudah Budidya Ternak Ayam Kampung Agar Menguntungkan – Ternak ayam kampung di Indonesia sebenarnya sudah menjadi hal yang sangat lumrah. Hampir di setiap rumah-rumah di daerah pelosok atau di pedesaan memiliki beberapa ekor ayam kampung yang dipelihara sebagai usaha sampingan. Selain dijual untuk dipotong atau dikonsumsi dagingnya, telur ayam kampung juga bisa memberikan keuntungan terutama untuk industri jamu.

Panduan Budidaya Ternak Ayam Kampung Agar Menguntungkan

Beternak ayam kampung tidak membutuhkan pemeliharaan yang intensif. Ayam kampung hanya dibiarkan berkeliaran begitu saja di sekitar rumah untuk mencari makan sendiri atau diberi makan oleh sang pemilik. Jika hari sudah menjelang sore, barulah ayam kampung akan dimasukkan lagi ke dalam kandang, begitu seterusnya hingga ayam kampung berkembang biak dan dapat dijual jika sudah mencapai umur yang diinginkan.

Baca:  Cara Membuat Ramuan Jahe Agar Burung Ciblek Gacor

Nah, bagaimana sebenarnya cara untuk membudidayakan ayam kampung agar memberikan keuntungan berlipat? Inilah Panduan Mudah  Ternak Ayam Kampung Agar Menguntungkan:

Panduan Mudah Ternak Ayam Kampung Agar Menguntungkan dari segi pemilihan bibit ayam kampung

Bibit ayam kampung yang baik dapat diperoleh dengan cara menetaskan sendiri ataupun membeli yang sudah jadi indukan. Namun, perlu diperhatikan bahwasanya sang penjual adalah peternak yang berpengalaman dan memberikan indukan yang berkualitas. Karena, induk adalah faktor penting keberhasilan beternak ayam untuk generasi berikutnya.

Adapun ciri-ciri bibit ayam kampung yang baik antara lain:

  • Pergerakan lincah dan tidak lesu
  • Terlihat gesit dan berdiri tegap
  • Mata terlihat cerah, segar dan tidak berair
  • Dari fisik tidak ada kecacatan
  • Bulu-bulu ayam kampung terlihat bersih dan mengkilap.

Panduan Mudah  Ternak Ayam Kampung Agar Menguntungkan dari segi pemberian pakan

Pakan yang baik akan membantu meningkatkan produktivitas dan kesehatan ayam kampung yang kita pelihara. Pakan untuk ternak ayam kampung seharusnya mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin, protein dan karbohidrat serta mineral.

Panduan Mudah Ternak Ayam Kampung Agar Menguntungkan dari segi pembuatan kandang ayam ternak

Pembuatan kandang ayam ternak sebaiknya tidak terlalu dekat dengan pemukiman penduduk agar tidak mencemari lingkungan ataupun mengganggu kenyamanan dari segi polusi udara, limbah dan kotoran. Usahakan agar kandang ayam ternak selalu kering dan tidak lembap agar tidak menimbulkan bau. Bersihkan secara teratur dan diberi desinfektan.

Panduan Mudah  Ternak Ayam Kampung Agar Menguntungkan dari segi pengendalian hama dan penyakit

Penyakit yang paling sering melanda ayam kampung seperti tetelo, cacing ayam, berak kapur serta berak darah. Dalam kondisi yang parah, penyakit-penyakit tersebut akan mudah menular dan menyebabkan kematian secara endemik di dalam kandang.

Untuk mengendalikan dan mencegah hama ataupun penyakit ayam kampung, berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan:

  • Selalu menjaga kebersihan kandang ayam kampung
  • Lingkungan di sekitar ayam kampung harus terpelihara agar ayam kampung tidak mengonsumsi makanan yang berbahaya atau beracun di sekitar lingkungan ketika dibiarkan mencari makan sendiri
  • Ventilasi dan pencahayaan kandang harus diperhatikan dengan baik
  • Hindari memberi makanan yang sudah busuk
  • Memberikan vaksinasi kepada ayam kampung
  • Memberikan suplemen dan vitamin tambahan

Baca Juga:

Dengan beberapa tips dan mengikuti Panduan Budidaya Ternak Ayam Kampung Agar Menguntungkan, semoga ternak ayam kampung dapat memberikan keuntungan berlipat ganda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme