Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya Dan Pemeliharaan Ikan Bawal Yang Tepat

fredikurniawan.com – Budidaya ikan bawal merupakan peluang usaha yang sangat lah menjanjikan ,  seiring banyak nya permintaan yang ada di pasar mau pun permintaan pada pelanggan restauran. Sehingga membuat para peternak ikan bawal semakin meningkat  , karena ikan bawal ini adalah ikan air tawar yang sangat lah unggul dan banyak manfaatnya .

ikan bawal

Peluang usaha budidaya ikan bawal ini untuk memuaskan konsumen yaitu dengan ukuran yang besar dan daging yang sangat lah gurih pastinya . Pembesaran ikan bawal ini dapat di lakukan pada kolam permanen maupun tidak permanen .

Keistemewaan Ikan Bawal

1. Ketahanan yang sangat lah tinggi terhadap kondisi yang kurang baik.

2. Rasa dagingnya sangat lah enak , hampir menyerupai daging ikan gurami.

 CARA BUDIDAYA IKAN BAWAL

1. PERSIAPAN KOLAM IKAN BAWAL

Persiapan ikan bawal yaitu anda  harsu menumbuhkan makanan alami dalam jumlah yang cukup banyak . setelah dasar-dasar kolam kering  , dasar kolam perlu di kapur kohor ( dolomit ) terlebih dahulu dengan dosis 25 – 100 kg persegi .

Hal ini di lakukan untuk meningkatkan ph pada tanah , juga dapat membunuh hama pada tanah yang masih ada .

Kolam pembesaran tifdaklah mutlak di pupuk , ini karena makanan pada ikan bawal sebagaian besar di proleh makanan tambahan dan buatan . Tapi bila di pupuk kandang dengan 25 – 50 kg / 100 m2 dan TSP 3 kg / 100 m2 . pupuk kandang harus yang sudah benar-benar matang agar tidak menjadi racun untuk ikan bawal .

Setelah pemupukan selesai ,  kolam di isi air antara 2 – 3 cm dan biarkan selama 2 – 3 hari . dan kolam di tambahkan air sedikit – sedikit hinga air sampai 40 – 60 cm dan terus di atur antara 80 – 120 cm tergantung kepadatan air .jika warna air hijau terang baru masukan bibit ikan bawal biasaya berubah warna antara 7 – 10 setelah pemupukan .

2. PEMILIHAN DAN PENEBARAN BIBIT IKAN BAWAL

Hanya dengan bibit yang baik maka yang di hasilkan akan baik juga ,  penebaran ini di lakukan perlu adaptasi terlebih dahulu . dengan tujuan agar ikan bawal tidak mengalami kondisi yang stress dan kurang baik.

Cara adaptasinya : yaitu ikan masih terbungkus di plastik tertutup dan di masukan kedalam kolam biarkan plastik mengembun .

Ini tanda nya air kolam dan air yang ada di plastik sudah sama suhunya , setelah itu buka plastik dan air dalam kolam di masukan sedikit-sedikit kedalam plastiktempat benih sampai terlihat benih kondisi yang baik . dan kemudian benih dsebarkan secara perlahan- lahan dan hati – hati .

3. KUALITAS PAKAN DAN CARA PEMBERIAN IKAN BAWAL

Hanya pakan yang baik maka hasil pertumbuhan ikan pun yang baik juga dan perkembangan yang sesuai kita inginkan . kualitas pakan yang baik adalah pakan yang memilki gizi yang seimbang  baik protein , karbohidrat , vitamin dan mineral.

Karena ikan bawalah merupakan omnivora maka makan di berikan dedaunan dan juga pelet , pakan yang di berikan antara 3-5 %  berat badan dan pemberian makanan dapat di sebar secara lansung.

4. PANEN IKAN BAWAL

Panen ikan bawal dapat di lakukan antar 4 – 6 bulan  , waktu ikan mencapai ukurang kurang 500 gram /ekor dengan kepadatan 4 ekor/m2.

Biasanya alat yang di gunakan untuk panen yaitu jaring bermata lebar ataun sedang ,  ikan hasil panen biasanya mengunakan tempat penampung yang cukup besar dan luas dan keadaan air yang mengalir kalau bisa .

Baca Juga Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme