Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya Dan Penanaman Sawi Secara Organik

Cara Budidaya Dan Penanaman Sawi Secara Organik –  Sawi merupakan tanaman sayuran yang dapat di tanam sepanjang musim dan dapat hidup di berbagai tempat dataran rendah maupun dataran tinggi , perliuh di perhatikan meskipun hidup di berbagai tempat sawi juga harus terpenuhi air yang sangat lah tercukupi.

sawi1

untuk dapat menghasilkan sawi yang sangat lah berkualitas dan juga sangat lah baik berikut ada beberapa tahapan .

A. JENIS -JENIS SAWI

1. Sawi Putih ( Brassica Rugosa )

Disebut sawi putih  karena daunanya berwarna kuning pucat dan agak berwarna putih dan tangkai daunnya berwarna putih.

2. Sawi Hijau ( Brassica Juncca )

sawi hijau ini adalah daunnya yang sangta lah besar dan hidup di tanah kering , biasanya tanaman ini di jadikan olahan asinan pada budaya cina .

3. Sawi Huma ( Brassica Juncea )

Sawi huma ini adalah tanaman yang berbatang panjang dan berdaun sempit , tanaman ini tidak tahan terhadap hujan , mudah di serang ulat dan hama lainnya .

B. CARA BUDIDAYA TANAMAN SAWI ORGANIK

1. Pembenihan sawi

Kebutuhan benih antara 650 gr / ha , Jika benih membuat sendiri maka sawi harus berumur 70 hari dan pengunaan benih tidak lebih dari 3 tahunan , agar tidak merusak pada tanaman sawi.

2. Pembibitan Sawi

Sebelum bibit disebar kedalam tanah maka lakukan terlebih dahulu perendaman dengan larutan precivur N dengan konsentrasi 0,1  % selama 2 jam . kemudian sawi di sebarkan pada bedengan persemaian dengan media semai sedalam 7 cm dan di siram secara teratur.

3. Persiapan Lahan 

Lahan harus di olah terlebih dahulu dengan cara di gemburkan sedalam 2 – 3 cm kemdian dengan arah kearah bujur dari barat ketimur agar mendapatkan cahaya yang penuh . Lebar bedengan sebaiknya 100 cm , Tinggi 30 cm dan panjang sesuai dengan kondisi lahan dan jarak antara bedengan yaitu sekitar 30 cm.

4. Penanaman Sawi 

Penanaman Bibit berumur 2 – 3 minggu setelah di semai di tanam dengan lubang dan jarak antara 20 x 20 cm agar tanaman tidak terken hama pada tanah secara cepat.

5. Pemeliharaan Sawi 

Penyiraman di lakukan secra rutin agar tidak kekurangan air pada sawi , penyemprotan pestida dengandosis yang sesuai agar sawi tidak mengalami kematian dan layu .

6. Pemanenan Sawi 

Pemanenan sawi di lakukan dengan 2 cara yaitu dengan mencabut sampai akar dan memotong bagian pangkal pada batang . umur panen yaitu 40 hari setelah tanam , sebaiknya tanaman harus di perhatikan terlebih dahulu bentuk , warna dan ukuran pada daun.

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme